Banjarbaru, (Antaranews Kalsel) - Wali Kota Banjarbaru H Nadjmi Adhani didampingi Ketua TP PKK Kota Banjarbaru Hj Ririen Nadjmi Adhani, Ketua DPRD Banjarbaru H AR Iwansyah beserta Isteri, Kejari Banjarbaru Ferizal SH saat menghadiri acara Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) XXIV tingkat Provinsi Kalimantan Selatan tahun 2017 di Siring Rantau Baru Kabupaten Tapin, Senin.

Dan Pencanangan TNI Manunggal KB Kes (TMKK), Kesatuan Gerak PKK KB KES,  Bhakti IBI KB Kes dan Penandatanganan berita acara serah terima (BAST) Penyuluh Kependudukan, Keluarga Berencana  dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) yang bertempat di Siring Rantau Baru Kabupaten Tapin dihadiri Gubernur Kalimantan Selatan H Sahbirin Noor beserta Ketua TP PKK Prov Kalsel Hj Raudatul Jannah perwakilan dari BKKBN Pusat Ir Ambar Rahayu MNS, para Bupati/Walikota, Ketua TP PKK se Kalimantan Selatan.

peringatan Harganas bertujuan untuk meningkatkan  peran serta pemerintah, pemerintah daerah, mitra kerja, dan swasta tentang pentingnya penerapan 8 Fungsi Keluarga dan pembentukan karakter sejak dini untuk mewujudkan pelembagaan Keluarga Kecil Bahagia Sejahtera, diantaranya adalah Fungsi Agama, Fungsi Sosial Budaya, Fungsi Cinta Kasih, Fungsi Perlindungan, Fungsi Reproduksi, Fungsi Sosialisasi dan Pendidikan, Fungsi Ekonomi, dan Fungsi Lingkungan.

Peringatan Harganas XXIV Tahun 2017 mengambil tema “Dengan Hari Keluarga Nasional Kita Bangun Karakter Bangsa melalui Keluarga yang Berketahanan”. Sementara pesan intinya adalah Keluarga Berketahanan, Indonesia Mandiri dan Sejahtera.

Keluarga merupakan pilar sumber daya manusia ibu bapak mendidik anak-anaknya , kesehatan lahir dan batin juga di mulai dari keluarga di contoh dari orang tua kepada anak-anaknya. Pembangunan kelurga bertujuan untuk meningkatkan kualitas keluarga agar dapat timbul rasa aman.

Tentram, dan harapan masa depan yang lebih baik, dalam mewujudkan kesejateraan lahir dan batin, keluarga yang berketahan  dan sejahtera adalah keluarga yang memiliki ketangguhan dan sosial ekonomi dan budaya, serta kehiduan dapat mandiri sejahtera dan bahagia

untuk memajukan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2017 dengan cara menggelorakan program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK). Harganas harus menjadi puncak dari segala kegiatan bagaimana Harganas itu dapat mensosialisasikan program kesejahteraan keluarga, membangun perekonomian bangsa, meningkatkan mitra kerja dalam keluarga yang sejahtera sehingga kegiatan Harganas ini ada hasilnya.

Melalui kegiatan Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2017  juga mengharapkan peran dan fungsi keluarga dalam mewujudkan keluarga kecil, bahagia dan sejahtera dapat terus dioptimalisasikan.

Dengan cara mengedukasi larangan seks pra nikah, jauhi pernikahan dini hingga penggunaan obat-obatan terlarang (Napza). Keluarga yang sejahtera tambahnya, hanya dapat tercapai dengan perencanaan yang matang dan mantap. Kegiatan ini juga untuk memotivasi masyarakat dan keluarga bahwa Harganas itu penting. Harganas dapat meningkatkan pendidikan dan kesehatan, sehingga masyarakat semakin maju./f

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017