Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Provinsi melalui Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan, mendorong percepatan pembangunan pariwisata melalui berbagai kegiatan promosi maupun pembangunan fasilitas dan infrastruktur pendukung pariwisata.

Plt Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan Drs H Mahyuni di Banjarmasin Kamis mengatakan, upaya promotif percepatan pembangunan kepariwisataan daerah tersebut, antara lain melalui kegiatan "workshop" dengan mengundang instansi terkait, pelaku usaha dan lembaga profesional kepariwisataan .

Selain itu, mengajak seluruh pihak terkait, termasuk kabupaten dan kota untuk menggali potensi wisata baru, yang bisa dipromosikan ke berbagai daerah, baik tingkat regional, nasional maupun internasional.

"Kita juga menggali informasi dan pemikiran terkait upaya peningkatan pembangunan sektor kepariwisataan daerah," katanya.

Tujuan digelarnya kegiatan ini sebagai media menyosialisasikan, program-program kepariwisataan daerah sekaligus upaya promotif bagi peningkatan kepariwisataan.

Kegiatan lainnya yaitu, melakukan inovasi-inovasi program kerja sesuai dengan kondisi dan potensi pasar.

"Alhamdulilah pemerintah daerah sangat mendukung kegiataan atau program kepariwasataan sebagai satu kesatuan dengan program pembangunan di sektor lain, serta mendukung percepatan pembangunan daerah, terutama di sektor kepariwisataan,� tandasnya.

Sekdaprov Kalsel, Abdul Haris mengatakan, berbagai kegiatan yang telah dilakukan, diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi percepatan target pembangunan sektor keparawisataan.

Mempercepat pembangunan program pariwisata daerah, tambah Sekda, Dinas Pariwisata harus mampu merangkul dan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak terutama pihak terkait.

"Ini sangat penting sebagai strategi percepatan pewujudan program kepariwisataan," katanya.

Sekda juga berharap, optimalisasi upaya cermat menggali potensi-potensi baru wisata daerah, jangan hanya terfokus pada usaha peningkatan wisata yang telah ada.

Di Kalsel, masih banyak potensi wisata baru yang juga bisa dikembangkan sebagai cikal bakal wisata unggulan daerah.


Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017