Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Gubernur Kalimantan Selatan Sahbirin Noor terus berupaya mendorong tumbuhnya ekonomi kreatif dan usaha mikro kecil dan menengah daerah antara lain dengan mendukung pelaksanaan kegiatan nasional di daerah.

Menurut Gubernur di Banjarmasin Selasa, salah satunya adalah dengan mempersiapkan diri sebagai tuan rumah penyelenggaraan Peringatan ke XXV Hari Keluarga Nasional (Harganas) 2018.

Gubernur meminta, agar seluruh instansi dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait segera mengkaji usulan dan kesiapannya Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Peringatan ke XXV Hari Keluarga Nasional (Harganas) t 2018.

"Saya berharap instansi terkait mulai sekarang mempersiapkan segala hal terkait usulan Kalsel menjadi tuan rumah penyelenggaraan Harganas 2018," katanya.

Menurut dia, BKKBN selaku pengelola utama kegiatan, perlu melakukan koordinasi dengan instansi dan SKPD terkait, agar turut mendukung kegiatan skala nasional ini.

Gubernur mengungkapkan, dengan menjadi tuan rumah penyelenggaraan Harganas ataupun kegiatan nasional lainnya, akan mampu mendorong berkembangnya usaha ekonomi kreatif masyarakat.

Momen kegiatan Harganas juga memberikan nilai manfaat untuk mengenalkan potensi investasi serta perkembangan usaha daerah, antara kerajinan usaha kecil menengah khas daerah, seperti insdustri kreatif rumah tangga maupun kuliner khas Banua.

"Harapan ini sudah saya sampaikan dengan Kepala BKKBN Provinsi Kalsel untuk mempersiapkan dan menindalanjuti segala sesuatunya. Kita berharap tahun depan Kalsel bisa mejadi tuan rumah penyelenggaraan Harganas ke XXV Tahun 2018," tandasnya.

Sebelumnya, pada Peringatan Hargnas ke XXIV Tahun 2017 di Lampung, empat kabupaten di Kalsel berhasil mengharumkan Banua melalui kegiatan unggulan dan kebijakan terukur di bidang kependudukan dan keluarga berencana.

Empat Kabupaten/ Kota di Kalimantan Selatan tersebut adalah Kabupaten Tanah Laut, Tanah Bumbu dan Kabupaten Tabalong. Jenis penghargaan Manggala Karya Kencana, yakni Program Kependudukan dan Keluarga Berencana Tingkat Kabupaten.

Sedangkan Ketua TP PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara dinobatkan sebagai Juara 2 Madya Bidang Pelayanan Posyandu dan Kabupaten Tabalong Juara 2 Madya Bidang PHBS.

Menurut Gubernur, penghargaan yang telah diraih 4 Kabupaten di Kalsel ini menjadi motivasi dan semangat kabupaten/kota lainnya untuk meraih prestasi, atau bahkan bisa menyabet prestasi lebih baik lagi.

Ketua TP PKK Provinsi Kalsel Hj Raudatul Jannah Sahbirin Noor yang ikut mendampingi Gubernur Kalsel, menyatakan bahwa seluruh Kabupaten/ Kota telah maksimal melakukan upaya peningkatan program kinerja PKK. Namun Kalsel tetap optimis pada peringatan Harganas tahun mendatang akan mampu meraih prestasi nasional lebih baik lagi.

Pada peringatan Harganas kemarin, Bupati Kabupaten Tapin Kalsel Arifin Arpan juga mendapatkan penghargaan Satya Lencana Pembangunan dari Presiden RI yang diserahkan oleh Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Puncak Peringatan Harganas 2017 juga dihadiri sejumlah pejabat negara antara lain Puan Maharani, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Kepala BKKBN, Surya Chandra Surapaty, gubernur dan bupati/walikota se Indonesia.

Kedatangan Gubernur Sahbirin beserta istri di Provinsi Lampung mendapatkan sambutan hangat dari istri Bupati Tulang Bawang Barat Erna Suud Umar. Sejak kedatangan di Bandar Udara Radin Inten II Lampung sampai saat mengantar kepulangan kembali ke Banjarmasin.

Pewarta: Ulul Maskuriah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017