Tanjung (Antaranews Kalsel) - Tahun ini sebanyak 20 desa/kelurahan di Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menjadi sasaran program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).


Koordinator Kabupaten Program Pamsimas Zainoor Rahman di Tanjung, Selasa mengatakan penetapan desa/kelurahan sasaran mencakup 16 desa menggunakan dana APBN dan empat desa dari APBD kabupaten.

"Total dana untuk pelaksaaan program Pamsimas 2017 sebesar Rp4,9 miliar dari APBN maupun APBD dengan sasaran 20 desa," jelas Zainoor.

Penetapan sasaran Desa/kelurahan sasaran program Pamsimas sendiri melalui Keputusan Direktur Jenderal Cipta Karya nomor 35/KPTS/DC/2017.

Desa reguler yang menggunakan APBN diantaranya Desa Palapi, Desa Kasiau, Desa Ribang, Desa Pulau Ku`u, Desa Bintang Ara, Desa Lok Batu dan Desa Tamiyang.

Sedangkan yang menggunakan dana APBD untuk program Pamsimas mencakup Desa Bangkiling Raya, Desa Marindi, Desa Maburai dan Desa Nawin.

Tiap desa sasaran program Pamsimas mendapatkan Bantuan Langsung Masyarakat (BLM) yang bervariasi tergantung pagu Rencana Kerja Masyarakat (RKM).

Program Pamsimas di Kabupaten Tabalong ungkap Kepala Bappeda Erwan Mardani 2014 dilaksanakan di delapan desa dan 2015 sasarannya juga delapan desa.

Dengan dana BLM APBN sebesar Rp1,7 miliar dimana tiap desa menerima Rp220 juta.

"Selain dari APBN daerah juga berkewajiban sharing dana melalui APBD sebesar 20 persen dari total dana BLM," jelas Erwan.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017