Rantau, (Antaranews Kalsel) - Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Tapin Hj Ratna Ellyani Arifin Arpan mengingatkan agar masyarakat Tapin berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS).

Menurut Ratna , di Rantau Rabu (10/5)  perilaku hidup bersih dan sehat itu sangat penting dalam sebuah keluarga agar terhindar dari wabah penyakit,

"Bagi orang tua yang merokok, usahakan jangan merokok dekat dengan anak-anaknya apalagi yang memiliki bayi atau balita," ujarnya.

Selain itu, Ketua TP PKK juga mengingatkan agar keluarga yang memiliki balita atau bayi agar rutin ke Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu) untuk memeriksakan  kondisi dan perkembangan si anak dan rutin untuk imunisasi.

"Usahakan berikan Air Susu Ibu (ASI) esklusif bagi anak kita dari umur 0-6 bulan," pesan Ratna.

Menurut Ratna, ASI sangat penting untuk tumbuh kembang bayi, terutama ASI eksklusif yang memiliki kandungan  sebagai sumber nutrisi dan gizi yang sangat baik untuk tumbuh kembang sang bayi.

Selain itu, istri orang nomer satu di "Bumi Ruhuy Rahayu" tersebut juga mengingatkan bagi ibu yang mengandung agar selalu menjaga pola makan dan rutin melakukan pemeriksaan kehamilan kepada bidan atau dokter kandungan.

"Kita harapkan warga Tapin bisa mengamalakna perilaku sehat dan bersih tersebut dari hal yang mudah saja dulu, seperti mencuci makan sebelum makan, hal tersebut karena mencegah lebih baik daripada mengobati," pesan Ratna.

Pewarta: M Husein Asyari

Editor : Muhammad Husien Asy'ari


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017