Balangan, (Antaranews Kalsel) - Setelah proses peninjauan dan penilaian di tingkat Kabupaten Balangan, Kelurahan Batu Piringin, Kecamatan Paringin Selatan, berhasil menjadi juara dan berhak mewakili "Bumi Sanggam" untuk mengikuti lomba kelurahan se-Kalimantan Selatan.

Dikatakan Bupati Balangan, H Ansharuddin saat kedatangan tim penilai dari Provinsi Kalimantan Selatan, Kamis (4/5), kegiatan lomba desa dan kelurahan merupakan penjabaran dan tindak lanjut dari Peraturan Menterdi Dalam Negeri Nomor 13 Tahun 2017 tentang Perlombaan Desa dan Kelurahan.

Lomba desa dan kelurahan lanjut Anhsaruddin, merupakan alat evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha masyarakat kelurahan untuk menget

Kelurahan Batupiring, Kecamatan Paringin Selatan, terpilih mewakili Kabupaten Balangan untuk mengikuti lomba kelurahan se-Kalimantan Selatan. Terpilihnya Kelurahan Batu Piring ini setelah melalui proses peninjauan dan penilaian di tingkat Kabupaten Balangan. Selanjutnya dilakukan tim penilai dari Provinsi Kalimantan Selatatan, Kamis (4/5/2017).

Lomba kelurahan sendiri, menurut Ansharuddin, merupakan alat evaluasi dan penilaian perkembangan pembangunan atas usaha masyarakat kelurahan untuk mengetahui status tertentu dari capaian hasil kegiatan pembangunan. 

Sehingga dari hasil tersebut nantinya diharapkan dapat mencerminkan tingkat kemajuan atau keberhasilan masyarakat, dalam melaksanakan kegiatan pembangunan dalam waktu satu tahun.

"Hal ini sejalan dengan maksud dan tujuan otonomi daerah, di mana pembangunan di Balangan yang ujung tombak pelaksanaannya di desa dan kelurahan dititik beratkan pada bidang pemberdayaan masyarakat, yakni upaya meningkatkan kemampuan dan kemandirian masyarakat, yang dilakukan melalui berbagai program pembangunan," jelasnya.

Terlepas dari moment lomba sendiri, Ia berharap agar upaya kegotongroyongan dan keswadayaan masyarakat dari desa hingga perkotaan, sehingga keberhasilan pembangunan menjadi upaya bersama demi percepatan pembangunan yang berimbas bagi kesejahteraan seluruh warga "Bumi Sanggam".

Pewarta: Roly Supriadi

Editor : Roly Supriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017