Kandangan, (Antaranews Kalsel) - Bupati  Hulu Sungai Selatan (HSS) H.Achmad Fikry, menjadi pembina upacara dalam apel kesiapan atlet pemusatan latihan kabupaten (Pelatkab) Koni Kabupaten Hulu Sungai Selatan 2017,  di lapangan Lambung Mangkurat Kandangan. Minggu.

Ketua Koni Kabupaten Hulu Sungai Selatan Zainal Abidin menyampaikan bahwa pelaksanaan apel  Pelatkab Koni 2017 ini, merupakan  momentum  kesiapan atlet dan pelatih dalam persiapan menuju Pekan Olahraga Provinsi  (Porprov) X Tahun 2017 di Kabupaten Tabalong.

Tujuan  Pelatkab Koni  diselenggarakan dalam rangka persiapan partisipasi dan peningkatan prestasi atlet HSS pada  Porprov  X Tahun 2017 di Kabupaten Tabalong.

"Kita menargetkan mendapat  15 medali emas pada Porprov, oleh karena itu kita melaksanakan persiapan dan Pemusatan latihan selama 5 bulan terhitung sejak 1 April hingga Agustus 2017 atau menjelang pelaksanaan Porprov X yang rencananya akan dilaksanakan pada bulan september 2017",ujarnya.

Persiapan dan pembinaan atlet secara menyeluruh (untuk semua cabang olahraga sudah dilakukan Koni sejak  Juli 2016 di mana pembinaan ditangani oleh cabang olahraga masing-masing.

Memasuki April 2017 pembinaan sudah menggunakan sistem pemusatan latihan melalui proses seleksi atlet dan ditangani langsung oleh Koni dengan menunjuk beberapa pelatih yang didampingi oleh konsultan olahraga.

Kegiatan Pelatkab ini di ikuti oleh 22 cabang olahraga dengan jumlah atlet 227 orang dan 42 orang pelatih.

Setiap atlet yang menjadi peserta Pelatkab ini diberikan insentif bulanan yang dibagi atas enam kategori sesuai target madeli yang dibebankan yakni untuk target emas ada 42 atlet dengan insentif Rp 750.000 per bulan.

Selanjutnya, perak  12 atlet diberikan insentif bulanan sebesar Rp 500.000, perunggu 8 atlet diberi insentif bulanan 300.000 rupiah, dan untuk potensial ada 165 atlet dengan insentif bulana Rp500.000.

Begitu pula para pelatihnya, juga diberikan insentif bulanan yang dibagi aatas dua kategori sesuai target medali yang dibina yakni ada 12 pelatih yang ditargetkan membina atletnya untuk meraih emas, diberikan insentif sebesar Rp 1 juga, sedang perak ada 30 pelatih diberi insentif bulanan Rp500 ribu.

Bupati  berharap agar dapat dimaksimalkan pelaksanaan  pemusatan latihan tersebut, untuk  untuk kemantapan  para atlet. 

Menurut dia,  para atlet harus berlatih dengan keras dan maksimal dibawah bimbingan para para pelatihnya, sehingga mampu memberikan prestasi terbaik bagi Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

"Saya mengamini target 15 medali  emas pada Porprov   X Tahun 2017 di Kabupaten Tabalong, dan kalau bisa bisa melebihi target," katanya.

Diterangkan dia,  pemerintah daerah akan terus memberikan penghargaan kepada yang masyarakat kabupaten Hulu Sungai Selatan yang berprestasi di bidang apapun.

Baik itu di bidang keagamaan, olahraga, pertanian, dan lainnya dengan tujuan agar dukungan ini dapat semakin meningkatkan upaya semangat warga untuk membawa nama baik Hulu Sungai Selatan dan menunjukkan prestasi yang terbaik.

Selanjutnya Bupati menerbangkan balon sebagai tanda dimulainya  Pelatkab Koni  Hulu Sungai Selatan Tahun 2017.

Turut Hadir Wakil Bupati HSS H.Ardiansyah, Sekretaris Daerah HSS H.M.Ideham, Komandan Kodim 1003 Kandangan Letkol.Inf.Gufron,S.Ag, Ketua KONI HSS Zainal Abidin,  Para Kepala SOPD Lingkup Kabupaten HSS, Forkopimda HSS dan Pengurus KONI Kabupaten HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Fathurrahman


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017