Tim Dosen Universitas Borneo Lestari (UNBL) dan Universitas Lambung Mangkurat (ULM) membina Kelompok Tani Sikat di Desa Bentok Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Provinsi Kalimantan Selatan, guna meningkatkan hasil pertanian.

Ketua Tim Pendamping Program Kosabangsa Dr. Gunawan melalui siaran Pers di Batulicin Jumat mengatakan, sebagian besar masyarakat di Desa Bentok Kampung merupakan petani padi, selain menanam padi mereka juga menanam buah naga, pepaya, singkong, serta jenis tanaman sayur, rimpang, dan buah lainnya.

Baca juga: Petani Desa Lok Batu Tabalong kembangkan varietas padi Mikongga

"Agar tanaman mereka dapat menghasilkan penen yang maksimal, tim kami mnelakukan pembinaan untuk menerapkan modifikasi resapan biopori," kata Gunawan.

Gunawan yang di damping Ketua Tim Pelaksana Alfianor menjelaskan, sistem resapan biopori dapat meningkatkan kapasitas hasil pertanian karena dapat berfungsi untuk meningkatkan daya resapan air dan mengubah sampah organik menjadi kompos.

Untuk membuat kompos para petani dapat memanfaatkan sampah-sampah organik seperti jerami, daun tanaman lain yang ada di lahan pertanian mereka.

Fungsi lain dari adanya lubang biopori yaitu dapat memperbaiki kualitas tanah pada lahan tersebut. Jika kualitas tanah semakin bagus maka hasil panen juga maksimal.

Gunawan melanjutkan, setelah melakukan sosialisasi, Tim dosen membuat dan mendampingi penerapan teknologi modifikasi lubang biopori pada lahan pertanian milik Kelompok Tani Sikat dengan luas kurang lebih mencapai dua hektar.

"Penerapan teknologi modifikasi lubang biopori diharapkan mampu meningkatkan kapasitas hasil pertanian," terang Gunawan.

Kegiatan ini merupakan salah satu dari berbagai rangkaian kegiatan pengabdian Kosabangsa yang bertujuan untuk meningkatkan peran serta Masyarakat dalam pengembangan pertanian aspek produksi.

Baca juga: DPRD Kalsel serahkan tiga unit "super combine" mesin panen padi untuk petani Tanbu

Gunawan juga berharap, kegiatan ini dapat terus berlanjut agar para petani benar-benar dapat memahami konsep ini.

Adapun tim dosen pelaksana dari Universitas Borneo Lestari (UNBL) Banjarbaru terdiri dari M. Alfiannor Saputera, Rahmi Muthia, Rahmi Hidayati, Nurbidayah. Tim dosen dari Universitas Lambung Mangkurat (ULM) yaitu Dr. Gunawan, Prof. Arnida, Dita Ayulia Dwi Sandi, dan beberapa mahasiswa.

Kegiatan pengabdian masyarakat ini terlaksana berkat hibah oleh Direktorat Riset, Teknologi dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Riset dan Teknologi, Kemdikbudristek Tahun 2024 melalui jenis program Kosabangsa dengan Nomor Kontrak Induk 015/E5/PG.02.00/KOSABANGSA/2024 dan Nomor Kontrak Turunan 367/UNBL/LP2M/PPM-10.2/0924.
UNBL-ULM bina petani Desa Bentok tingkatkan hasil pertanian (ANTARA/HO-Dosen ULM)

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024