PT PLN UP Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (Kalselteng) menyalurkan bantuan dana untuk pemenuhan makanan bergizi kepada 228 anak stunting di Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan.
 
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina yang hadir langsung pada penyerahan bantuan dari dana Corporate Social Responsibility (CSR) PT PLN UP Kalselteng di Posyandu Kartini III, Jalan Prona 1, Banjarmasin Selatan, Kamis menyampaikan apresiasi yang tinggi.

Baca juga: PLN-CV Berkah Serasi Perkasa jalin kerja sama jual beli tenaga listrik
 
"Kami apresiasi tinggi kepada PLN UP Kalselteng atas kontribusinya dalam program penurunan stunting di Banjarmasin melalui bantuan CSR," ujarnya.
 
Dikatakan dia, bantuan dana senilai Rp100 juta dari CSR PT PLN UP Kalselteng yang disalurkan dalam bentuk natura tersebut, seperti makanan tambahan, yang ditargetkan kepada anak-anak yang sudah terdata dalam daftar intervensi pemerintah, yakni 228 anak.
 
"Bantuan ini diharapkan dapat menambah asupan gizi bagi anak-anak, yang nantinya akan dipantau secara berkala sehingga mereka dapat tumbuh sehat dan terbebas dari stunting," ujar Ibnu Sina.
 
Dia menambahkan, tim kader akan melakukan pemantauan dengan mengukur berat dan tinggi badan anak-anak penerima bantuan dalam satu hingga dua bulan mendatang. Hal itu dilakukan untuk mengevaluasi efektivitas program tersebut.

Baca juga: PLN amankan kelistrikan saat banjir di Murung Raya dan Muara Teweh
 
Selain bantuan makanan tambahan, ungkap Ibnu Sina, program tersebut juga mencakup edukasi kepada ibu-ibu terkait pentingnya gizi bagi balita.
 
Dia berterima kasih kepada Literasi Banua yang turut mendukung dengan menyediakan buku-buku bacaan, yang diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan ibu merawat anak.
 
Dipaparkan Ibnu Sina, dalam upaya penurunan stunting, Pemerintah Kota Banjarmasin terus bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk korporasi seperti PLN untuk mencapai target nasional.
 
Diungkapkan dia, angka prevalensi stunting di Banjarmasin yang sebelumnya berada di angka 24,7 persen telah menunjukkan penurunan stunting yang signifikan, dan diharapkan dapat terus menurun sesuai dengan target nasional di bawah 14 persen.

Baca juga: 2.031 personel PLN UID Kalselteng jaga kelistrikan pelantikan Presiden
 
"Kami akan terus mengevaluasi kinerja Tim Percepatan Penurunan Stunting (TP2S) setiap minggunya untuk memastikan program penurunan stunting ini tepat sasaran," kata Ibnu Sina.
 
Sementara itu, Manajer PT PLN UP Kalselteng, Ali Anwar menyebutkan, tujuan program CSR tersebut sebagai wujud tanggung jawab PT PLN Nusantara Power kepada masyarakat serta memperingati Hari Listrik Nasional ke-79 tahun 2024.
 
"PT PLN NP menyalurkan anggaran sebesar Rp100 juta rupiah dalam bentuk natura kepada 228 anak di Kota Banjarmasin. Bantuan tersebut terdiri dari 1.140 kotak susu kemasan 600 gram, serta 228 rak telur ayam (dengan 1 rak berisi 30 butir)," ucap Ali Anwar.
 
"Kami berharap melalui pelaksanaan program ini, terjalin sinergi yang kuat antara PLN Nusantara Power, Dinas Kesehatan dan Tim Percepatan Penurunan Stunting (TP2S) Pemerintah Kota Banjarmasin, sehingga memberikan dampak signifikan dalam menekan angka stunting pada anak-anak di Kota Banjarmasin," ujarnya.

Baca juga: PLN puji PLN Kalselteng terapkan "Easy On UGS"
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024