Khatib Ustadz Marzuki mengungkapkan, bahwa Islam ajaran universal, dalam khutbahnya di Masjid Al Musyarrafah - Jalan Perintis Kemerdekaan Banjarmasin, sebelum Shalat Jumat.

"Islam tidak cuma hal-hal yang bersifat ukhrawi atau kegiatan untuk kehidupan alam akhirat semata, tetapi juga duniawi (dunia)," ujar Ustadz Marzuki.

Sebagai contoh dalam kehidupan bermasyarakat bisa menguntungkan orang lain dan diri sendiri ataupun sebaliknya merugikan, lanjutnya.

Ustadz muda tersebut menjelaskan, Islam mengajarkan hal-hal yang bersifat munkar atau tidak terpuji.

"Islam mengajarkan bagaimana berakhlak mulia, berbudi pekerti luhur, jujur atau tiada berdusta," lanjutnya.

Sebagaimana Allah mengutus Nabi Muhammad Saw untuk menyempurnakan akhlak agar lebih mulia dan pembawa rahmat bagi alam semesta.

"Oleh karena itu, mari ikuti jejak Rasulullah Saw dalam kehidupan di dunia untuk kebahagiaan di alam akhirat kelak," ajak Ustadz Marzuki.

Khatib Ustadz Marzuki saat khutbah di Masjid Al Musyarrafah - Jalan Perintis Kemerdekaan Pasar Lama Banjarmasin, sebelum Shalat Jumat (19/10/2024) (ANTARA/Syamsuddin Hasan)

Sebelum mengawali khutbahnya yang berdorasi lebih kurang lima menit tersebut, Ustadz Marzuki tidak lupa mengajak kaum Muslim terutama jamaah Masjid Al Musyarrafah untuk menjaga serta meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

"Sebab iman dan taqwa itulah bekal utama untuk kehidupan di alam akhirat kelak," demikian Ustadz Marzuki.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024