Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina, menegaskan pentingnya peran pemuda dalam menggerakkan sektor ekonomi kreatif dan UMKM.

"Saya harap lewat pelatihan entrepreneurship ini para peserta, terutama mereka yang sudah berusaha di sektor informal atau memiliki bisnis sendiri dapat meningkatkan kapasitasnya," katanya .pada pelatihan Kewirausahaan bagi Pemuda bertajuk "Banjarmasin's Futurepreneur: Strong Personality with Unique Brand Identity",  di Hotel Royal Jelita, Selasa..

Baca juga: Bapenda: Pelatihan penilai objek PBB-P2 upaya optimalisasi pungutan objek pajak

"Sesuai visi kami melahirkan wirausaha baru yang berbasis UMKM, ekonomi kreatif dan mereka kita dorong untuk siap menjadi entrepreneur muda, bahkan menjadi pengusaha besar di masa depan," tekannya lagi.

Lebih lanjut, ia menyebut pentingnya kolaborasi dalam menciptakan ekosistem bisnis yang kuat. "Dukungan dari berbagai pihak, termasuk kolaborasi pentahelix—melibatkan pemerintah, pelaku usaha, akademisi, komunitas, dan media—sangat penting agar kita bisa melahirkan entrepreneur yang bisa dibanggakan Banjarmasin," ujar dia.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Banjarmasin sekaligus Plt Kadisudporapar Ikhsan Budiman, menggarisbawahi peran strategis pemuda dalam menghadapi bonus demografi di Kalimantan Selatan, khususnya di Banjarmasin. "Seperti yang disampaikan Pak Wali Kota, ke depan kita berharap setidaknya 10% dari populasi pemuda di Banjarmasin menjadi pengusaha. Generasi Z harus berani memilih jalur kewirausahaan, tidak hanya berfokus pada menjadi pegawai atau karyawan," pesannya.

Dirinya juga mendorong peserta untuk tidak takut berinovasi. "Dari inovasi, kita akan menemukan hal-hal baru yang lebih baik. Kegiatan hari ini menjadi salah satu upaya nyata untuk mempersiapkan para pemuda dalam menghadapi tantangan masa depan," sambungya lagi.

Baca juga: Wabup Banjar minta calon Paskibraka jalankan tugas dengan sempurna

Pelatihan ini menghadirkan berbagai narasumber berpengalaman di bidang kewirausahaan, dengan harapan para peserta dapat memperoleh wawasan mendalam tentang strategi bisnis, pengembangan produk, dan membangun identitas merek yang kuat, Sekaligus mampu mencetak pengusaha-pengusaha muda yang tangguh dan siap bersaing di pasar globa

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024