Sebanyak 100 pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan mendapatkan edukasi mengelola keuangan yang baik dengan memanfaatkan layanan-layanan yang ditawarkan bank dengan layanan digital. 
 
Salah satunya perbankan yang menawarkan itu adalah Bank Neo Commerce (BNC) yang menggelar sosialisasi serta edukasi literasi keuangan dalam kampanye Neo Keliling di Kota Banjarmasin, Rabu.
 
"BNC menawarkan beragam layanan keuangan yang dapat dimanfaatkan masyarakat dalam pengelolaan keuangannya, dan diperuntukkan untuk berbagai segmen, seperti nasabah perorangan, korporasi dan juga UMKM," ujar Head of Digital Marketing PT Bank Neo Commerce Tbk, Adhani Siregar.
 
Disampaikan dia, BNC memberikan solusi atas kebutuhan transaksi keuangan sehari-hari yang dibutuhkan oleh masyarakat termasuk para pelaku UMKM serta generasi milenial dan Gen-Z yang sudah sangat melekat dengan dunia digital.
 
Menurut dia, kegiatan ini sebagai upaya mendukung pemerintah dalam meningkatkan indeks inklusi dan literasi masyarakat Indonesia, BNC mengadakan rangkaian kegiatan inklusi dan literasi keuangan di Kota Banjarmasin.
 
Ditambahkan Neo Business Owner PT BNC Tbk, Kevin Saptana Wy, terkhusus UMKM ditawarkan produk keuangan diaplikasi "neobank" yang bernama Neo Bisnis.
 
Dijelaskan dia, Neo Bisnis adalah produk keuangan yang BNC kembangkan khusus untuk mendukung pemilik UMKM dalam mengelola arus kas usaha secara lebih terstruktur.
 
Sehingga, lanjut dia, tidak tercampur dengan rekening pribadi. 
 
Melalui Neo Bisnis, papar Kevin, pemilik UMKM dapat dengan cepat dan mudah membuat Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) untuk menerima pembayaran QRIS. 
 
"Dana dari transaksi QRIS akan dicairkan secara otomatis di hari yang sama hingga tiga kali, pencairan dana dilakukan sepanjang tahun atau 365 hari, termasuk pada hari libur nasional, tanggal merah, bahkan selama libur lebaran," ujarnya.
 
Dia memastikan, fasilitas ini sangat memudahkan pemilik UMKM dalam mengatur arus kas, terutama selama libur panjang, sehingga tetap dapat menjalankan operasional bisnis seperti pembelian bahan baku atau pengisian stok untuk penjualan di hari berikutnya.
 
Selain itu, kata Kevin, pencairan dana dari hasil transaksi QRIS akan masuk ke rekening bisnis Neo Bisnis yang menawarkan bunga kompetitif hingga 4,25 persen, dengan bunga yang dicairkan setiap hari. 
 
Dipapar dia, fitur ini dirancang untuk memberikan manfaat finansial tambahan bagi pelaku UMKM, sehingga mereka dapat lebih optimal dalam mengelola keuangan usaha dan mendapat manfaat lebih yang dapat langsung dirasakan.
 
Neo Bisnis juga menyediakan fitur top up merchant, yang dirancang untuk mendukung pemilik UMKM dalam menyediakan layanan top-up pulsa, paket data, token listrik PLN, top up e-wallet dan berbagai produk keuangan digital lainnya. 
 
"Kami bahkan menyediakan layanan top-up pulsa Telkomsel dengan nominal mulai dari Rp2.000 yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat untuk menunjang aktivitas sehari-hari," ujarnya.
 
Dikatakan Kevin, ini merupakan wujud komitmen BNC untuk terus menghadirkan solusi keuangan yang inovatif dan sesuai dengan kebutuhan pelaku UMKM, agar mereka dapat berkembang lebih pesat dan efisien dalam mengelola usahanya.
Bank Neo Commerce menggelar kampanye literasi keuangan untuk seratus UMKM serta generasi milenial dan Gen-Z di salah satu hotel di Banjarmasin, Rabu (9/10/2024). (ANTARA/Sukarli)
 

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024