Para lulusan SMA di Kabupaten Murung Raya, Kalimantan Tengah mengikuti program Digital Berdaya (Digdaya)  yang dilaksanakan Adaro Mineral Indonesia untuk meningkatkan sumber daya manusia sekitar operasional tambang.

Departement Head of Community Development AMI, Sri Armiyati Jarkasi mengatakan program pelatihan ini menjadi batu loncatan bagi lulusan SMA  agar  mendapatkan pekerjaan secepatnya di perusahaan maupun instansi pemerintah. 

Baca juga: Foto - Peluncuran beasiswa ITPLN bagi lulusan SMA/SMK sederajat

"Program pelatihan dan magang 
 di bidang komputer ini satu  upaya meningkatkan SDM  Kabupaten Murung Raya khususnya  lulusan SMA  wilayah ring 1 Adaro Metcoal," jelas Sri, Selasa.

Sri optimis program ini dapat  meningkatkan kompetensi lulusan SMA agar sesuai  standar kompetensi dan kualifikasi perusahaan sehingga peluang lulusan SMA yang bekerja di perusahaan
juga meningkat.

Dalam pelatihan ini Adaro menggandeng mitra pelaksana dan instruktur PKBM  Ije Petak Danum dan peserta berasal dari Kelurahan Muara Tuhup, Kelurahan Muara Laung I, Desa Muara Maruwei I, Desa Batu Tojah, dan Desa Tumbang Baloi.

Selama satu bulan peserta program Digdaya mengikuti  pelatihan komputer administrasi perkantoran dengan materi  mencakup  microsoft word, excel, power point, outlook, print dan Scan. 

Termasuk  seminar dan workshop soal   tips dan trik lolos wawancara dan psikotes kerja yang disampaikan  Johan Daoni Sitorus dari Human Resources Section Head AMI.

Selain itu  Seminar Tips Lolos Medical Check Up (MCU) yang disampaikan   dr Ahmad Sawaluddin (Doctor Site di AMI, dari Pearl Medic).
 
Peserta juga mengikuti  workshop desain grafis canva (membuat spanduk, poster, dan logo) dan pembuatan CV ATS untuk melamar kerja dengan bimbingan   PIC Program Digdaya yaitu Kiken Berinda E  Fidia.

Baca juga: Adaro-EGAT berikan beasiswa bagi lulusan SMA ke UPN Veteran Yogyakarta

Ketua PKBM Ije Petak Danum Karniansyah  mengapresiasi dukungan dari PT Adaro Minerals Indonesia yang selalu konsisten mendukung dan membantu masyarakat di ring 1. 

Salah satu peserta dari Kelurahan Muara Laung I, Beneficieris    Penti mengakui pelatihan ini berdampak positif bagi dirinya.

“Dampak baik yang saya dapatkan dari program ini yaitu  pengetahuan  bertambah dari  sebelumnya tidak tahu menjadi tahu soal  komputer," ungkapnya.
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024