Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan meraih penghargaan Kalsel Innovation Award (KIA) 2024 lewat inovasi penanganan kawasan kumuh, yakni portal Dikayuh Baimbai.
 
Asisten ll Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setda Kota Banjarmasin, Taufik Rivani di Banjarbaru, Kamis, mengatakan portal Dikayuh Baimbai yang yang menampilkan informasi kawasan kumuh di Kota Banjarmasin meraih terbaik dua se-Kalsel.

Baca juga: "One Landscape" DLH Kalsel juarai KIA 2024
 
Inovasi ini, jelas dia, diapresiasi Pemprov Kalsel karena mendukung pelayanan publik yang inklusif dan mengoptimalkan penanganan kawasan kumuh, serta mendukung kebijakan berbasis data dalam upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan.
 
Taufik Rivani, mengungkapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada Pemprov Kalsel bahwa penghargaan inovasi itu menjadi bukti meningkatnya prestasi Pemkot Banjarmasin dalam hal pelayanan publik. 
 
Terutama, ucap dia, kinerja dari sisi teknis pemerintahan program kegiatan apapun yang keterkaitan dengan visi-misi pimpinan yang dengan seluruh program Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD).

Baca juga: DPRD Kalsel apresiasi penganugerahan KIA IE 2024
 
"Kita tidak berhenti di sini saja. Kita akan terus mengejar yang terbaik, baik di regional maupun nasional. Kita berkomitmen terus menggali inovasi-inovasi yang muaranya untuk pengembangan, kemajuan dan kesejahteraan," tuturnya.
 
Ditambahkan Kabid Kawasan Pemukiman Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Kota Banjarmasin Agus Herry, inovasi "DiKayuh Baimbai" tentunya akan memberikan waktu pelayanan yang lebih singkat dalam melakukan verifikasi usulan masyarakat terkait penanganan umum. 
 
Menurut dia, dari 150 waktu yang ditentukan dengan tanpa inovasi, dipersingkat menjadi 75 waktunya setelah adanya inovasi. Inovasi ini dikembangkan pihaknya sehingga tanpa ada biaya dan tanpa ada kerja sama dengan pihak ketiga. 
 
"Mungkin untuk selanjutnya kami akan mengembangkan lagi inovasi-inovasi lainnya terkait dengan bidang perumahan, rakyat dan kawasan pemukiman," demikian katanya.

Baca juga: Kalsel Innovation Award 2024 pacu ciptakan inovasi baru
 

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024