Tim Verifikasi Lomba Sekolah Sehat tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) meninjau dan membina di TK Munggu Raya, Kecamatan Sungai Raya, Hulu Sungai Selatan (HSS), sebagai rangkaian verifikasi dan kualitas kesehatan lingkungan sekolah.

"Kita telah melakukan penyambutan tim verifikasi sebagai bentuk dukungan dari pemerintah daerah mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat dan kondusif," kata Penjabat (Pj) Bupati HSS Endri di Kandangan, Rabu.

Baca juga: Kejari HSS selamatkan uang pemerintah daerah

Dijelaskan Endri, verifikasi lapangan bertujuan memastikan pelaksanaan program sekolah sehat berjalan sesuai standar yang telah ditetapkan di HSS, upaya menciptakan generasi muda yang sehat dan berkualitas.

Pihaknya pun berkomitmen untuk terus mendukung inisiatif-inisiatif kesehatan di sekolah-sekolah, dan adanya verifikasi ini, diharapkan kualitas kesehatan lingkungan di sekolah dapat ditingkatkan dan memberi dampak positif bagi perkembangan siswa dan masyarakat luas.

Dalam verifikasi lapangan, tim melakukan pengamatan pelaksanaan program Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang mencakup pendidikan kesehatan, pelayanan kesehatan, dan pembinaan lingkungan sehat di sekolah.

Tim melakukan verifikasi lapangan terhadap sekolah jenjang TK di HSS, di mana sekolah ini mewakili kabupaten dalam verifikasi ke-13 kabupaten atau kota.

Baca juga: Pj Bupati HSS harapkan perkuatan pemahaman dan pengalaman nilai-nilai Pancasila

Kegiatan UKS menjadi penting untuk mengetahui sejauh mana penerapan perilaku hidup sehat di lingkungan sekolah, sehingga nantinya dapat tercermin di masyarakat luas.

Selain di TK TK Munggu Raya, tim melanjutkan melakukan verifikasi di SMPN 1 Angkinang, yang juga terpilih sebagai salah satu sekolah yang diverifikasi dalam program ini.

Turut mendampingi tim, kepala perangkat daerah terkait, Kabag Kesra Setda HSS, perwakilan Kantor Kemenag HSS, TP PKK Kab. HSS, serta pengurus UKSM kabupaten dan TP UKS kecamatan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024