Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Kotabaru Jerri Luminta menyampaikan akan melakukan rangkaian kerja dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang menjadi mitra kerja terutama Dinas Pendidikan.

"Kami ingin mengejar ketertinggalan mengenai Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kotabaru," kata Jerri Luminta di Kotabaru, Selasa.

Baca juga: Komisi II DPRD Kotabaru tingkatkan koordinasi dengan mitra kerja

Jerri mengatakan Komisi III DPRD Kabupaten Kotabaru akan berkoordinasi mengenai beberapa hal dengan Dinas Pendidikan mengingat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kotabaru menempati urutan ke-11 dari 13 kabupaten/kota di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).

"Kalau dilihat dari sisi APBD kita naik, tetapi kenapa IPM kita malah turun drastis itulah yg menjadi pekerjaan rumah (PR) kami ke depan," katanya.

Jerri  juga menyayangkan pembangunan Kabupaten Kotabaru pada sektor lain sangat bagus, namun dari sisi pembangunan manusia mengalami penurunan.

Dikatakan Jerri, meski belum secara rinci dan teknis berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan, namun langkah awal untuk mengetahui penurunan itu harus dilakukan pengkajian dan mencari solusi dengan instansi terkait.

Mitra komisi III yang membidangi Bina Marga dan sumber daya air, Ciptakarya, Penataan Ruang, Pemukiman dan Perumahan, Kesehatan, Pertamanan/Kebersihan, Pertambangan dan Energi, Lingkungan Hidup, Perumahan Rakyat, Pendidikan Ilmu pengetahuan dan Teknologi, Kepemudaan dan olahraga, dan Pariwisata dan kepemudaan.

Baca juga: Usai dilantik DPRD Kotabaru lakukan pemenuhan AKD

Berdasarkan penetapan pimpinan DPRD Kotabaru, struktur sejumlah AKD yang terbentuk yakni, Komisi I jabatan ketua diemban Sandri Alfandi, Wakil Ketua Gewsima Mega Putra, Sekretaris Hasanuddin dan anggota Abdul Halik, Suntoro, Ruspiyandi, Nosriano, Norhaida, Alfisah, Amaliah,dan Suriya.

Struktur Komisi II untuk Ketua dijabat Abu Suwandi, wakil ketua H Suhartono, sekretaris Mustakim dan anggota terdiri Mukhlis Riva'i, H Abidin Daeng Mappuji, Bahrul Ilmi, Junaidi, M Zaini, Harmono, Nurtaibah, dan H Rosidah.

Komisi III, Ketua, Wakil Ketua dan Sekretaris masing-masing dijabat oleh Jeri Luminta, H Rustam Efendi, Sahrani, Agus Subejo, M Lutfi Ali, Rahmad, Fitriadi, H Abdul Kadir, Hj Sarifajh Jamilah, dan Abdul Bashir.

Struktur Bapemperda DPRD Kotabaru Ketua dijabat M Lutfi Ali, Wakil Ketua Agus Sebejo,dan anggota terdiri Gewsima Mega Putra, Rahmad, Bahrul Ilmi, Nosriyono, Hj Norhaida, Hj Syarifah Jamilah, Mustakim, Nurtoibah, plt sekretaris bukan anggota.

Baca juga: Ketua DPRD Kotabaru ajak warga "Bumi Saijaan" ikuti Pilkada damai

Adapun struktur Badan kehormatan DPRD Kotabaru terdiri Ketua Abdul Basir, Sahrani, M. Zaini, Hj Norhaida, Jeri Luminta, Plt sekretaris bukan anggota.

Selain itu, yang termasuk dalam struktur Banggar adalah Ketua merangkap anggota Suwanti, Wakil Ketua merangkap anggota Awaluddin dan Chairil Anwar, anggota Jeri Luminta, Gewsima Mega Putra, M Lutfi Ali, Abu Suwandi, Ruspiyandi, H Rustam Efendi,  Junaidi, H.M Suhartono, Hj Alfisah, Hj Sarifah Jamilah, H Abdul Kadir, Mustakim, Suriyah, Hj Rosidah, dan Mardiatul Husna Plt sekretaris bukan anggota.

Sedangkan struktur Badan musyawarah Ketua merangkap anggota Suwanti, Wakil Ketua merangkap anggota Awaluddin dan Chairil Anwar, anggota Mukhlin Riva'i, Abdul Halik, Suntoro, H Abidin Daeng Mapuji, Sahrani, Sandri Alfandi, Nosriono, Fitriadi, H Hasanuddin, M Zaini, Harmono, Amaliah, Abdul Basir, Nurtaibah, dan Plt sekretaris bukan anggota.

Baca juga: Pimpinan dan wakil pimpinan DPRD Kotabaru ucapkan janji jabatan
 

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024