Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Banjarmasin menargetkan partisipasi pemilih mencapai 90 persen pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024 dari total Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 485.145 orang.

Hal itu disampaikan Ketua KPU Kota Banjarmasin Rusnailah pada acara Fun Walk yang diselenggarakan di kawasan Taman Siring, Nol Kilometer Banjarmasin, Minggu.

Baca juga: Pasangan calon kepala daerah Banjarmasin terima nomor urut

Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina melepas Fun Walk yang diikuti sekitar 4.000 peserta dengan mengundang ketiga pasangan calon kepala daerah Kota Banjarmasin.

“Acara ini merupakan rangkaian dari kegiatan pekan sosialisasi Pilkada 2024, sebelumnya kita sudah melaksanakan sosialisasi tatap muka yang diikuti rekan-rakan dari lembaga penyiaran dan jurnalis” kata Rusnailah.

Lebih lanjut, Rusnailah menyampaikan kegiatan Fun Walk tidak hanya menjadi ajang olahraga, namun juga bertujuan untuk mensosialisasikan pelaksanaan Pilkada Kota Banjarmasin, sekaligus mengajak masyarakat untuk lebih aktif berpartisipasi pada proses demokrasi.

Menurut Rusnailah, pihaknya menargetkan tinggi partisipasi pemilih sebagai upaya memotivasi seluruh jajaran KPU Banjarmasin sehingga berusaha semaksimal mungkin dengan berbagai metode.

“Semoga nanti partisipasi masyarakat bisa mencapai 90 persen pada 27 Nopember 2024," ujar Rusnailah.

Baca juga: BPJAMSOSTEK : siap lindungi petugas di Pilkada

Rusnailah pun optimis target 90 persen dapat dicapai melalui tanggung jawab bersama, saling mengingatkan, berperan aktif mensosialisasikan dan mengajak warga lain untuk menyalurkan hak suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 27 Nopember 2024 dibanding Pemilihan Presiden dan Legislator yang mencapai 82 persen.

Rusnailah mengungkapkan salah satu upaya KPU Kota Banjarmasin untuk mencapai target partisipasi sebesar 90 persen melalui program sosialisasi yang lebih masif, termasuk menggunakan media sosial dan aplikasi digital, menggandeng komunitas lokal untuk menjangkau lebih banyak masyarakat, seperti para influencer.

Sementara itu, Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina menyampaikan KPU Kota Banjarmasin sukses menggelar Fun Walk bertemakan “Melangkah Baimbai Menuju Pilkada Banjarmasin 2024”.

“Ini kegiatan sangat edukatif sekali, ada imbauan ke TPS, menyampaikan visi misi calon, mudah mudahan kegiatan ini upaya kita menyukseskan Pilkada untuk menentukan nasib Banjarmasin dan Kalimantan Selatan selama lima tahun yang akan datang,” ucap Ibnu Sina.

Baca juga: KPU Banjarmasin tetapkan DPT Pilkada 2024 sebanyak 485.145 pemilih

Tak lupa Ibnu Sina mengingatkan agar tim kampanye dari seluruh pasangan calon selalu mengikuti aturan, guna menjaga pesta demokrasi tetap kondusif, aman dan terkendali.

“Jangan sampai ada pelanggaran, karena pelanggaran itu bisa memantik perselisihan, kalau ada kecurangan legitimasi Pilkada juga dipertaruhkan, semoga tidak ada gugatan, karena ada yang kecewa saat masa masa kampanye,” ungkap Ibnu Sina.

Ibnu Sina berpesan agar seluruh calon kepala daerah Kota Banjarmasin berkompetisi secara sehat dan mengajak seluruh warga Banjarmasin mensukseskan Pilkada dengan memastikan telah tercantum pada Daftar Pemilih Tetap (DPT).

“Silahkan menyampaikan visi misi dan melanjutkan apa yang sudah dilakukan pemerintah kota, karena pian (kalian) adalah pemimpin berikutnya,” ucap Ibnu Sina.

Baca juga: KPU Banjarmasin terima 1.940 kotak suara Pilkada 2024
 
Wali Kota Banjarmasin Ibnu Sina (ketiga kiri) dan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banjarmasin Rusnailah (kedua kanan) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) setempat pada acara Fun Walk di Siring Nol Kolometer Banjarmasin, Minggu (29/9/2024). (ANTARA/Latif Thohir)

 

Pewarta: Latif Thohir

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024