Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Kalimantan Selatan memperkenalkan platform media Sinergitas Informasi Publik (SIPU) kepada pengunjung pada Kalsel Expo 2024.

Kepala Seksi Pengelolaan Informasi Publik dan Media Diskominfo Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) Heni Setiawati di Banjarbaru, Jumat, mengatakan SIPU merupakan sebuah platform informasi yang berkomitmen untuk menyajikan berita, analisis, dan wawasan yang kredibel serta relevan bagi masyarakat.

Baca juga: Diskominfo Kalsel gaet BPS tingkatkan kualitas metadata

Heni menuturkan SIPU juga sebagai penghubung antara publik, pemerintah, dan berbagai pemangku kepentingan untuk membangun sinergi yang kuat melalui penyebaran informasi.

Diungkapkannya, SIPU berisi berbagai konten menarik tentang perkembangan terbaru di berbagai sektor, termasuk kebijakan publik, sosial, ekonomi, dan teknologi.

“Juga membuka ruang bagi masyarakat untuk terlibat lebih jauh, baik melalui kolaborasi, partisipasi dalam diskusi maupun akses ke materi eksklusif yang disajikan,” katanya.

Pada era perkembangan informasi yang pesat, Heni mengungkapkan kebutuhan terhadap akses berita dan informasi yang akurat, transparan, serta terpercaya semakin mendesak.

Dia menyebutkan banyak saluran informasi yang ada sering kali menciptakan kebingungan bagi masyarakat karena penyebaran yang mudah terkait informasi tidak sesuai fakta (hoaks), opini yang tidak terverifikasi, serta informasi tidak valid.

“Di sinilah peran media yang kredibel menjadi sangat penting untuk menjaga kualitas informasi yang diterima oleh publik. Kami berupaya memberikan informasi yang terverifikasi, netral, dan berdampak positif bagi masyarakat luas,” ucap Heni.

Baca juga: Kalsel Expo tampilkan produk kreativitas alam dan makanan olahan

Ia mengharapkan sinergi antara sektor publik dan berbagai elemen masyarakat dapat terbentuk melalui platform media SIPU, sehingga setiap informasi yang disampaikan dapat memperkuat pemahaman publik mengenai isu penting.

Lebih jauh, Heni menjelaskan SIPU juga bertujuan untuk meningkatkan literasi informasi masyarakat dengan menyediakan ruang bagi pembaca untuk memahami kebijakan publik, dinamika sosial, perkembangan teknologi, serta isu-isu lain yang mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

“Dengan demikian, media ini tidak hanya berfungsi sebagai penyampai berita, tetapi juga sebagai katalisator sinergi positif antara berbagai pihak demi membangun masyarakat yang lebih cerdas dan terinformasi,” ungkap dia.

Hal tersebut menjadi motivasi utama terkait pembentukan media Sinergitas Informasi Publik dengan fokus pada peran penting media menyebarkan informasi yang berkualitas dan membangun sinergi kepada masyarakat.

Sehingga, menurut Heni, menyampaikan kompilasi berbagai informasi dari berbagai lembaga berwenang dan pemangku kepentingan dapat menyajikan informasi yang berkualitas dan membangun sinergi masyarakat

“Dengan adanya SIPU diharapkan dapat berperan dalam membangun masyarakat yang lebih terinformasi dan terhubung,” tuturnya.

Sebagai informasi, sejumlah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Provinsi Kalimantan Selatan dan pelaku usaha mikro kecil dan menengah mengikuti Kalsel Expo yang berlangsung pada 18-22 September 2024 di Banjarbaru.

Baca juga: Pemprov Kalsel terima Merdeka Award 2024 dari Kemenkominfo

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024