Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) Kalimantan Selatan mendalami sistem otomasi dan robotika pada bidang industri dengan mengundang ahli dari Universitas Gajah Mada (UGM).
 
Ketua Jurusan Teknik Elektro Poliban M Helmy Noor, di Banjarmasin, Kamis, mengatakan program studi D3 Elektronika dan D4 Teknologi Rekayasa Otomotif menggelar kuliah umum terkait hal tersebut.

Baca juga: Poliban lakukan inovasi digital dan AI serta dukung Geopark Meratus
 
Menurut dia, kegiatan bertema "Peran dan peluang sistem kontrol dan elektronika di era AI dan teknologi cerdas" tersebut mengundang Dr. Andi Dharmawan dari Departemen Ilmu Komputer dan Elektronika, Fakultas Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Gajah Mada (UGM) pada 24 September 2024.
 
Dijelaskan dia, topik yang dibahas sekitar Artificial Intelligence atau AI yang merupakan inovasi kecerdasan buatan, hingga teknologi AI pada masa depan.
 
Selain itu, kata Helmy, pendalaman materi transformasi industri dengan teknologi cerdas, peran elektronika dalam teknologi AI dan sistem cerdas, sistem kendali klasik vs moderen.
 
Yang menjadi fokus pada pembahasan dalam kegiatan ini, ucap dia, tentang sistem otomasi dan robotika dalam dunia industri, karena ini penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Poliban, juga meningkatkan kualitas mahasiswa untuk menjadi SDM yang siap berinovasi dalam menghadapi tantangan jaman.

Baca juga: Kemenhan beri semangat bela negara kepada ribuan mahasiswa Poliban
 
"Kita ingin mahasiswa kita selalu bisa berinovasi di bidang otomatik dan robotika," paparnya.
 
Poliban sebagai perguruan tinggi vokasi, terus meningkat keahlian para mahasiswa dan mahasiswi di kedua bidang tersebut, bahkan sering mengikuti kompetisi nasional, khususnya di bidang robotik.
 
Prestasi yang baru saja diukir Tim Robotik Poliban pada Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia (Kreativesia) 2024, yakni, juara 1 untuk kategori perangkat keras.
 
Robot ciptaan mahasiswa Poliban yang berprestasi itu berjudul "Prototype rancang bangun robot pengambil, penanam, dan pemanen padi berbasis kontrol".

Baca juga: Robotik Poliban ukir prestasi di Pekan Kreativitas Pemuda Indonesia 2024
 
Baca link: Poliban

Pewarta: Sukarli

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024