Komandan Kodim 1007/Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel) Letkol Inf Sigit Purwoko mengatakan lomba peraturan baris berbaris (PBB) Piala Panglima TNI yang digelar serentak se-Indonesia sebagai upaya membentuk generasi muda berjiwa patriotisme sekaligus memperingati HUT ke-79 TNI.

“Lomba PBB tingkat pelajar yang digelar serentak se-Indonesia ini merupakan pembinaan terhadap generasi muda. Kami berharap generasi muda dapat semakin menumbuhkan rasa cinta tanah air dan semangat kebangsaan, serta menjadi pelopor dalam menjaga nilai-nilai kebersamaan dan persatuan di Indonesia,” ujar Sigit di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: Letkol Inf Sigit Purwoko jabat Dandim 1007/Banjarmasin

Dia menjelaskan penting bagi generasi muda untuk memahami dan mengamalkan nilai-nilai patriotisme serta kecintaan terhadap tanah air melalui kegiatan positif, seperti lomba PBB.

“Kegiatan ini juga sebagai sarana meningkatkan kedisiplinan dan tanggung jawab anak muda dalam memperkuat semangat kebangsaan di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat,” ucapnya.

Sigit berpesan kepada para pelajar di Banjarmasin yang mengikuti lomba ini agar selalu menanamkan jiwa patriotisme yang memiliki sikap rela berkorban demi kejayaan dan keutuhan bangsa, tentunya dengan cara menggapai cita-cita sebagai peran penting kalangan pelajar.

Dia mengatakan untuk pelaksanaan lomba di Banjarmasin, diikuti sebanyak 25 tim berasal dari pelajar tingkat menengah pertama dan menengah atas.

Baca juga: Wali Kota Banjarmasin dan Dandim tinjau progres TMMD ke-119 di Sungai Lulut

Para peserta, kata dia, telah menunjukkan kemampuan terbaik mereka dalam baris-berbaris dengan penuh semangat, kekompakan yang solid, dan disiplin tinggi.

Setelah pelaksanaan lomba, SMPN 7 Banjarmasin berhasil sebagai juara pertama tingkat menengah pertama, diikuti SMPN 14 dan SMPN 15 sebagai juara kedua dan ketiga. Sedangkan tingkat menengah atas, SMAN 2 Banjarmasin sebagai pemenang pertama, selanjutnya SMKN 1 Banjarmasin dan SMAN 8 Banjarmasin sebagai juara kedua dan ketiga.

Pelaksanaan lomba tidak hanya disaksikan jajaran Kodim 1007/Banjarmasin, para perwakilan guru dari sekolah peserta lomba juga turut hadir untuk memberikan dukungan kepada siswanya.

“Kegiatan ini terlaksana dengan lancar dan penuh antusiasme dari peserta. Kami harap semangat patriotisme pemuda ini terus terjaga,” ujar Dandim Banjarmasin.

Baca juga: Dandim Banjarmasin ingatkan penerima BTPKLW gunakan untuk kembangkan usaha

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024