Sebanyak Empat Penjabat Sementara (Pjs) Kepala Daerah di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) menyampaikan komitmen mengawal penyelenggaraan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024 agar berlangsung jujur dan adil.

Gubernur Kalsel Sahbirin Noor mengukuhkan empat Pjs itu, yakni Pjs Wali Kota Banjarbaru Nurliani Dardie, Pjs Bupati Hulu Sungai Tengah Farid Fakhmansyah, Pjs Bupati Banjar Ahmad Fydayeen, dan Pjs Bupati Balangan Thaufik Hidayat di Gedung Idham Chalid Banjarbaru, Selasa.

Baca juga: Pemprov Kalsel-Bawaslu apel siaga awasi kampanye Pilkada 2024

Empat pjs dikukuhkan setelah empat kepala daerah di provinsi ini melaksanakan cuti di luar tanggungan negara melalui Surat Keputusan (SK) Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

“Kami siap menjalankan amanah yang diberikan untuk memastikan roda pemerintahan berjalan dengan baik, memastikan pelayanan publik tidak ada kendala, dan yang lebih penting saat ini untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024,” kata Pjs Bupati Hulu Sungai Tengah Farid Fakhmansyah.

Menurut dia, pilkada ini merupakan pesta demokrasi yang seharusnya dilaksanakan dengan penuh kegembiraan, serta berlangsung dengan aman dan damai.

Sebagai Pjs Bupati HST, Farid menegaskan akan memastikan pilkada berlangsung dengan baik merupakan salah satu tugas sebagai kepala daerah.

Baca juga: Pimpinan DPRD Kalsel harapkan Pilkada riang dan jangan "golput"

Pjs Bupati Balangan Thaufik Hidayat juga menyampaikan komitmennya untuk memastikan keamanan dan ketertiban tetap terjaga agar roda pemerintahan berjalan dengan lancar di tengah pelaksanaan pilkada.

“Mari kita bersama-sama mewujudkan suasana uang kondusif pada pilkada ini. Semoga semua berjalan dengan lancar sehingga pilkada terselenggara dengan sukses,” tutur Thaufik.

Sementara itu, Gubernur Kalsel saat pengukuhan, meminta empat Pjs Kepala Daerah itu agar dapat menjalankan amanah dan penuh tanggung jawab, terlebih saat ini momen pilkada.

 “Walaupun sebagai penjabat sementara, tetapi harus bersungguh-sungguh memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Pastikan seluruh perangkat daerah melaksanakan tugas dengan sebaik mungkin,” ujar Sahbirin.

Baca juga: Muhidin-Hasnuryadi nomor urut 1 dan Raudatul Janah-Akhmad Rozanie nomor 2

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024