Ketua sementara DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK mengharapkan Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Tahun 2024 dapat berjalan dengan riang gembira dan jangan ada "golongan putih" (golput= tidak menggunakan hak pilih).

Harapan Pimpinan DPRD Kalsel Babussalam itu, Selasa, sehubungan pencabulan nomor undian Calon Gubernur dan Wakil Gubernur (Cagub & Cawagub) setempat, 2024 - 2029 di Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) provinsi tersebut, Senin malam.

Baca juga: Anggota DPRD HSS selesai ikuti orientasi BPSDMD Kalsel

"Selayaknya sebuah pesta demokrasi atau Pilkada kali ini dapat berjalan dengan riang gembira, sehingga menarik berbagai golongan masyarakat berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) untuk memilih pemimpinnya lima tahun mendatang, serta dapat menurunkan angka Golput di Kalsel," harap Supian HK.

Menurut politikus senior Partai Golkar dan juga Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) partai politik (parpol) berlambang pohon beringin itu, untuk merealisasikan Pilkada dalam suasana riang gembira dan tanpa Golput tanggungjawab bersama semua pihak.

Begitu pula untuk menciptakan Pilkada dalam suasana kondusif, agar masyarakat merasa aman dan nyaman datang ke TPS untuk memberikan suaranya tanggung jawab bersama, ujar Supian HK yang terpilih kembali untuk ketiga kali menjadi anggota DPRD Kalsel.

"Kita harapkan Pilkada 2024 secara serentak di Kalsel yang kini berpenduduk lebih empat juta jiwa tersebar pada 13 kabupaten/kota berlangsung aman, kondusif serta menyenangkan," demikian Supian HK.

Ketua sementara DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK saat menghadiri pencabutan nomor undian Calon Gubernur dan Wakil Gubernur 2024 -2029 di KPU setempat di Banjarmasin, Senin (23/9/2024) malam. (ANTARA/HO- Humas Setwan Kalsel.)

Sebelumnya melalui sistem undian, KPU Kalsel menetapkan secara resmi, Pasangan Calon (Paslon) Kepala Daerah Kalsel nomor urut 1 (satu) H. Muhidin dan H. Hasnuryadi Sulaiman dengan singkatan "MH".

Sedangkan nomor urut 2 (dua) Paslon Cagub & Cawagub  Hj. Raudatul Jannah yang akrab dengan sapaan Acil Odah bersama H. Rozanie Himawan Nugraha atau dengan singkatan 2R (Raudatul Jannah dan Rozanie).

Baca juga: Yayasan Wasaka apresiasi "acil-acil" di Pasar Terapung Banjarmasin

Partai politik (parpol) pengusung/pendukung Paslon  Cagub & Cawagub Kalsel 2024 - 2029 nomor urut 1 antara lain Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahterakan (PKS) dan Partai Demokrat.

Sementara parpol pengusung/pendukung Paslon Cagub & Cawagub Kalsel 2024 - 2029 nomor urut 2R yaitu Partai Golkar, Nasional Demokrat (NasDem),.Partai Gerindra, Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB)

Keanggotaan DPRD Kalsel masa jabatan 2024 - 2029 yang berjumlah 55 orang itu dari Partai Golkar 13, NasDem 10 Gerindra tujuh, serta PAN, PKB dan PKB masing-masing enam orang.

Selain itu, PDI Perjuangan dan Partai Demokrasi masing-masing tiga orang serta seorang dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP).



 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024