Penjabat (Pj) Bupati Barito Kuala (Batola), Kalimantan Selatan (Kalsel) Dinansyah menyebutkan, semua pihak bertanggungjawab untuk mengawal terselenggaranya pemilihan kepala daerah (Pilkada) Batola  2024 secara langsung,  umum, bebas, rahasia, jujur, adil, aman, dan tertib sesuai tahapan yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

"Tentunya berpedoman pada kepastian hukum, tertib dalam penyelenggaraan, akuntabilitas, efisiensi dan efektifitas," ujar Dinansyah, dalam siaran pers disampaikan, Selasa.

Baca juga: Stand Pemkab Batola raih juara tiga Kalsel Expo 2024

Menurut dia, menjadi tugas bersama dalam menyempurnakan kesuksesan jalannya Pilkada yang demokratis dan transparan. 

Karena, Pilkada merupakan sarana kedaulatan rakyat dan masyarakat  semakin kritis dan memahami keberadaan pemilihan kepada daerah sebagai wahana untuk mengubah harapan menjadi kehidupan berdemokrasi lebih baik.

"Kita patut berbangga dan berbahagia karena semua pasangan calon (Paslon) adalah saudara, sahabat  dan putra-putra terbaik daerah ini," tandasnya. 

Nomor berapa pun, jelas dia,  nantinya  didapatkan, baik nomor 1, nomor 2 atau nomor 3, itu hanya merupakan sebuah angka. 

"Tapi yang paling utama adalah,  bagaimana mensosialisasikan nomor urut tersebut agar masyarakat bisa memilih Paslon pilihannya sesuai dengan hati nuraninya," tegasnya.

Dia menambahkan,  kontestasi Pilkada adalah perjalanan politik yang harus dilalui bersama, sehingga jangan sampai ada pertentangan dan permusuhan didalam hati. 

Baca juga: Pj Bupati Batola serukan kampanye kerukunan umat beragama

"Siapapun terpilih menjadi kepala daerah  Kabupaten Barito Kuala lima  tahun kedepan masyarakat tanpa terkecuali wajib memberikan dukungan," tutupnya.

Penjabat (Pj) Bupati Batola Dinansyah   bersama Fokopimda Batola menghadiri Rapat Pleno Terbuka Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Pasangan Calon Bupati Batola dan Wakil Bupati Batola Tahun 2024, di Halaman Kantor KPU Barito Kuala, Senin (23/09/2024).

Dari hasil pengundian nomor urut Paslon Pilkada Batola, pasangan H Bahrul Ilmi dan Herman Susilo mendapat nomor urut 1 (satu), H Rahmadian Noor dan H Sumardji mendapat nomor urut 2 (dua) dan pasangan Mujiyat dan Fahrin Nizar  mendapat nomor urut 3 (tiga).

Tahapan selanjutnya dalam Pilkada Batola sesuai dengan PKPU Nomor : 02/ 2024 adalah masa kampanye,  berlangsung mulai 25 Oktober hingga 23 November 2024.

Baca juga: Pj Bupati Batola ingatkan ASN tidak dukung calon kepala daerah

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024