Stan PT Adaro Indonesia meraih  predikat terbaik  kategori BUMN, BUMD dan Swasta dalam Kalsel Expo 2024 di Lapangan Murjani, Banjarbaru yang  diumumkan  pada malam penutupan Kalsel Expo, Minggu (22/9). 

Kesungguhan dan  inovasi dalam menampilkan stand yang estetik serta   kreativitas pelaku UMKM memberi dampak bagi Adaro mempertahankan apresiasi dari panitia.

Baca juga: RHL Menoreh jadi percontohan keberlanjutan pengelolaan hutan

"Kami  terus berimprovisasi dengan  desain stand yang estetik  kolaborasi kreativitas pelaku UMKM binaan memberi dampak baik bagi khalayak," ujar Departemen Head CRM PT Adaro Indonesia, Djoko Soesilo, Selasa  (24/9).

Djoko Soesilo mengatakan selain kombinasi  teknologi, kreativitas penjaga stan dan aneka  produk baru yang ditawarkan menjadi  daya dukung pihaknya mampu mendapatkan  sebagai stand terbaik Kalsel Expo untuk kedua kalinya.

Inovasi yang  dilakukan Adaro di expo tahun ini  adanya dua  smart board layar sentuh bernama AKU (Adaro Kuatkan UMKM) yang terpasang di sisi stan. 

Smart board ini menampilkan produk UMKM binaan Adaro secara digital, guna memudahkan pengunjung saat memilih produk (self service).

Adanya inovasi baru ini berhasil menarik perhatian para pengunjung, meski sempat salah strategi di hari pertama expo.

“Hari pertama full menggunakan smart board, display produknya kita minimalkan. Setelah dievaluasi, teknologi di mata pengunjung memang dilihat menarik,” cerita Yuri Budhi Sujalmi, CSR Section Head PT Adaro Indonesia. 

Baca juga: Adaro bagikan sembako bagi santri Pesantren Al Mu'minun

Selain memunculkan inovasi baru, kreativitas dari para pelaku UMKM binaan juga turut menjadi nilai tambah tersendiri karena mereka tidak hanya menjual, tetapi juga mendemonstrasikan.

“Para pelaku UMKM lebih banyak tampil di depan. Mereka tidak menjual langsung, tetapi melakukan demonstrasi dari produk yang mereka punya,” terang Yuri.

Salah satu pelaku UMKM, pemenang Adaro Spectapreneur 2024, tampil cosplay mengenakan baju spiderman.

 Konsep ini dibawa guna mendukung dalam mendemonstrasikan produknya yang diberi nama Kopi Superhero.

Gelaran Kalsel Expo ini, Adaro menampilkan produk-produk dari UMKM binaan, seperti makanan ringan, pupur kecantikan, aneka macam kopi dan lain sebagainya. 

Selama lima hari gelaran, 18 – 22 September 2024, Adaro berhasil meraup omzet sekitar Rp 18, 2  juta.

Bagi Adaro  Kalsel Expo ini dapat menjadi sarana mengenalkan dan memperlihatkan produk UMKM lokal ke tingkat provinsi.

Baca juga: Adaro keeps producing quality generation through scholarship since 2016
 

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024