Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) meraih penghargaan kategori Program Inovatif Untuk Negeri pada Merdeka Awards 2024.

Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN RI Suyus Windayana mewakili Menteri ATR/Kepala BPN Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menerima penghargaan di Jakarta, Kamis.

Baca juga: Kementerian ATR dan KPK gelar lokakarya untuk pulihkan aset

"Kita sangat bangga sekali bagaimana penghargaan ini memberikan dampak yang baik kepada masyarakat, sehingga pelayanan di Kementerian ATR/BPN lebih profesional dan lebih terpercaya lagi," kata Suyus melalui keterangan tertulis di Banjarbaru, Kalimantan Selatan, Jumat.

Adapun dampak yang signifikan dari berbagai program inovatif yang diberikan Kementerian ATR/BPN untuk masyarakat, antara lain jumlah antrean pelayanan mulai berkurang.

"Saya pikir memang pemanfaatan informasi teknologi tidak bisa ditunda karena kita berhasil mengurangi antrean lebih dari 40% dan peningkatan layanan menjadi lebih 30 persen," ungkap Suyus.

Lebih lanjut, Suyus menyampaikan saat ini pemanfaatan teknologi informasi dalam pelayanan Kementerian ATR/BPN terus mengalami peningkatan.

“Kita merasakan pengelolaan pelayanan dengan teknologi informasi itu membantu kinerja kita dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” pungkas Suyus.

Baca juga: AHY: Sertipikat tanah elektronik naik 46 kali lipat selama tujuh bulan

Penghargaan ini diraih Kementerian ATR/BPN karena dinilai memenuhi tiga indikator penilaian yang digunakan media daring merdeka.com.

Ketiga indikator tersebut, antara lain program pendukung pertumbuhan ekonomi; program inovatif pelayanan publik; dan program pendukung digitalisasi. 

Selain Kementerian ATR/BPN, terdapat delapan penerima penghargaan dari kategori yang sama, yakni Kementerian Hukum dan HAM, Kementerian Investasi/BKPM, Pemerintah Kabupaten Trenggalek, Mandiri Utama Finance, Permodalan Nasional Madani (PMN), BRI Manajemen Investasi, Bank Jatim, dan PT Kilang Pertamina Internasional. 

Hadir mendampingi Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, yaitu Kepala Biro Hubungan Masyarakat Harison Mocodompis beserta jajaran.

Baca juga: Pastikan pengadaan tanah melalui prosedur yang benar

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024