Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Foto berjudul "Peduli Lingkungan Sekolah" karya fotografer Faisal R menjadi juara lomba foto Antara-Adaro 2016 dalam rangka HUT Antara yang ke-79 di Banjarmasin.

Foto yang menggambarkan para siswa Sekolah Dasar (SD) menanam pohon di halaman sekolah mereka yang kondisinya becek karena berada di lahan gambut dinobatkan juara oleh para juri yang diketuai GM Antara Foto Jakarta Hermanus Prihatna.

Foto tersebut diumumkan sebagai pemenang beserya 15 foto nominasi terbaik lainnya bertempat di panggung tenda putih di objek wisata siring Sungai Martapura di Jalan Piare Tendean Banjarmasin, Minggu.

Foto tersebut berhasil meraih nilai tertinggi dari juri menyisihkan 239 buah foto karya sebanyak 68 fotogrefer Kalsel dan Kalteng yang bertema lingkungan hidup dan pemberdayaan ekonomi masyarakat dilombakan dari 15 Desember 2016 hingga 15 Januari 2017.

Hermanus mengakui sulit untuk pihaknya menjatuhkan pilihan menetapkan juara, sebab foto-foto para peserta sangat bagus.

"Tentunya kita menilai objektif sebagaimana keindahan dan kesulitan mengambil gambarnya berkenaan tema," ujarnya.

Dia menyatakan pula, bahwa sebagian foto peserta ada pula yang di luar batas waktu yang ditetapkan panitia, yakni, karya maksimal enam bulan waktu pengambilannya sebelum lomba.

Namun bagi dia, banyak di daerah Kalsel dan Kalteng ini memiliki bakat luar biasa dibidang fotografer, karena foto mereka yang dikirim semuanya berkualitas jurnalistik.

"Kita sangat apresiasi terhadap karya-karya potografer daerah ini, bagi saya semuanya hebat," ujar hermanus yang sekaligus narasumber coaching clinic fotografi bertema "Etika dalam foto jurnalistik".

Kepala Biro LKBN Antara Kalsel Abdul Hakim Muhiddin mengatakan, diselengarakannya lomba foto ini sebagai bagian HUT Antara yang ke-79 yang didukung penuh PT Adaro Indonesia yang merupakan perusahaan tambang terbesar di Kalsel.

Menurut dia, antusias peserta pada pergelaran pertama kalinya diselenggarakan Antara ini cukup luar biasa, dan terbukti sebanyak 239 foto terdata ikut bagian.

"Karya foto-foto terbaik pastinya akan diabadikan, dan ini menjadi aset daerah," paparnya.

Perwakilan PT Adaro Indonesia Leni Marlina menyatakan mewakili perusahaan sangat apresiasi atas terselenggaranya acara ini, bahkan berharap akan berlanjut terus.

"Perusahaan kita sangat mendukung dengan acara-acara perbaikan lingkungan ini mestipun dalam foto, sebab perusahaan kita baru saja mendapatkan perhargaan dari pemerintah pusat terkait menjaga lingkungan ini," sebutnya.

Pewarta: sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017