Ketua sementara DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) H Supian HK menyatakan, perhargaan Green Leadership "Nirwasita Tantra" 2024 yang dia terima atas hasil kerja sama semua pihak di provinsinya.

Supian HK yang terpilih kembali untuk ketiga kali menjadi anggota DPRD Kalsel menyatakan itu sebelum bertolak ke Jakarta untuk menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2024, Rabu.

Baca juga: DPRD Kalsel terima penetapan pimpinan definitif

Menurut dia, selain merupakan kebanggaan atas penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2024, juga tantangan untuk bekerja lebih baik lagi atau minimal mempertahankannya.

Pasalnya, ujar Supian HK yang juga Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kalsel, dari semua provinsi di Indonesia hanya tiga di antaranya yang menerima penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2024 tersebut yaitu DPRD Jawa Tengah dan Nanggroe Aceh Darussalam (NAD).

"Penghargaan tersebut merupakan pemicu semangat dirinya, bersama seluruh Anggota DPRD Kalsel untuk membuat dan mengawal kebijakan pemerintah lebih baik lagi," lanjut Supian HK

Nirwasita Tantra penghargaan dari pemerintah kepada kepala daerah termasuk pimpinan DPRD  setempat atas kepemimpinannya dalam merumuskan serta menerapkan kebijakan dan/atau program kerja sesuai prinsip metodelogi pembangunan berkelanjutan guna memperbaiki kualitas lingkungan hidup di daerahnya. 

Penganugerahan penghargaan Green leadership Nirwasita Tantra melalui beberapa tahap penilaian mulai dari penyusunanan dokumen informasi kinerja pengelelolaan lingkungan hidup daerah (DIKPLHD) oleh instansi lingkungan hidup daerah di provinsi dan kabupaten/kota.

"Hal ini sesuai amanat Undang-Undang (UU) Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan UU Nomor 14 Tahun 2008 Tentang Keterbukaan Informasi Publik," demikian Supian HK.

Penganugerahan penghargaan Green Leadership Nirwasita Tantra 2024 tersebut berlangsung di Gedung Manggala Wanabakti Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Rabu (18/9/2024).

Baca juga: Ketua DPRD Supian HK apresiasi kinerja Polda Kalsel
 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024