Sebanyak 30 anggota DPRD Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) mengikuti orientasi yang digelar Sekretariat DPRD HSS bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Kalsel.

"Orientasi kita ini untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan bagi anggota DPRD HSS, dan dilaksanakan selama lima hari dari 16-20 September 2024, di Banjarbaru," kata Ketua sementara DPRD HSS Haji Akhmad Fahmi (HAF), mengutip pers rilis Sekretariat DPRD HSS, Selasa.

Baca juga: DPRD HSS tetapkan usulan pimpinan dan telah bentuk fraksi

Dijelaskan HAF, orientasi yang diberikan tentunya bertujuan dalam memberikan pembekalan anggota DPRD HSS masa bakti 2024-2029, dalam menjalankan tugas legislatif lima tahun ke depan.

Dalam orientasi para anggota DPRD HSS mendapatkan berbagai materi, mulai dari penguatan dan penegakan peraturan perundang-undangan, sistem pemerintahan, wawasan kebangsaan.

Kemudian, fungsi, tugas dan wewenang DPRD, hak dan kewajiban DPRD, alat kelengkapan DPRD, tata tertib DPRD, kode etik DPRD, sampai kebijakan orientasi dan pendalaman tugas sesuai dengan Permendagri Nomor 6 tahun 2024.

“Setiap hari materi yang diberikan berbeda-beda, sesuai dengan jadwal yang sudah kita tentukan bersama,” katanya.

Baca juga: Anggota DPRD HSS Syarifudin perjuangkan realisasi jalan Bajayau-Margasari

Dengan orientasi ini, HAF berharap para anggota DPRD HSS dapat menjalankan tugas dengan lebih baik dan efektif, serta menjalin sinergi yang lebih kuat dengan masyarakat dan pemerintah daerah, mencapai pembangunan berkelanjutan.

“Semoga dengan kegiatan ini kami bisa melaksanakan tupoksi sebagai anggota DPRD, serta memberikan pengabdian terbaik untuk masyarakat di Bumi Rakat Mufakat,” harapnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024