Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan, menyiapkan dan membuka program kampung keluarga berkualitas tahun 2024.

"Program ini adalah sebagai tindak lanjut intruksi Presiden RI  Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas," kata Bupati Tanah Bumbu H. Zairullah Azhar di Batulicin Selasa.

Baca juga: Banjarbaru jadi pemenang Kampung KB 2024

Zairulah yang di wakili Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Eriyanto Rais mengatakan, program tersebut akan diinteraksikan dengan program pembangunan keluarga, kependudukan, dan pembangunan lainnya.

Oleh karena itu diperlukan komitmen bersama antar seluruh komponen bangsa dengan pendekatan berbasis keluarga dan mengutamakan partisipasi masyarakat.

Kampung keluarga berkualitas merupakan satuan wilayah setingkat desa dimana terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga dan masyarakat.

Sebagai sebuah pendekatan pembangunan yang bersifat universal, dan dalam rangka meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta mengoptimalkan penyelenggaraan pemberdayaan penguatan institusi keluarga, maka perlu didorong penyelenggaraan kampung keluarga berkualitas di setiap desa/kelurahan.

"Kami berharap pelaksanaan kegiatan kampung keluarga berkualitas dapat dilaksanakan secara optimal dan menjadi gerakan masyarakat tingkat desa/kelurahan yang di laksanakan secara terintegrasi," tutup Eriyanto.

Baca juga: Desa dan Kelurahan di Kotabaru resmi menjadi kampung keluarga berkualitas.

Pewarta: Tim Redaksi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024