Pemerintah Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan menggelar peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1446 Hijriah yang diikuti pimpinan SKPD, pimpinan BUMD, camat dan pegawai lainnya.
 
Peringatan maulid menghadirkan penceramah yang juga Ketua Dewan PC Rabithah Alawiyah Martapura/Banjarbaru Habib Idrus bin Abdullah Alaydrus di Aula KH Kasyful Anwar Dinas Pendidikan Martapura, Senin.

Baca juga: Wali Kota Banjarbaru: Pilkada jangan rusak Ukhuwah Islamiyah
 
"Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 Hijriah ini terasa istimewa karena digelar bertepatan hari dan tanggal lahir Rasulullah yakni Senin 12 Rabiul Awal," ujar Bupati Saidi Mansyur dalam sambutannya.
 
Bupati mengingatkan, peringatan maulid menjadi momentum dan sarana meningkatkan kebersamaan, kerukunan, persatuan dan kesatuan antara sesama masyarakat di wilayah Kabupaten Banjar.
 
Melalui peringatan maulid, Saidi juga mengajak seluruh masyarakat untuk mampu meneladani dan mencontoh akhlak dan perilaku Baginda Nabi Muhammad SAW yang sungguh mulia hingga wajib diteladani.
 
"Keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT adalah bekal utama bagi setiap individu untuk menjadi insan yang bermoral dan beretika. Teladan paling sempurna bagi kita adalah baginda Rasulullah," ucap Saidi.
 
Sementara itu, Habib Idrus bin Abdullah Alaydrus dalam tausiyah mengatakan, betapa beruntungnya menjadi umat Rasulullah dan terpilih sebagai orang yang memuliakan bulan kelahirannya.
 
Ditekankan, salah satu ibadah yang paling utama adalah bergembira, memuliakan dan merayakan hari dan bulan lahir manusia paling istimewa yang pernah diciptakan Allah SWT yakni Nabi Muhammad SAW.
 
"Beliau sumbernya rahmat, siapa yang paling dekat dengan Rasulullah dan meneladani keluhuran akhlaknya akan menjadi manusia yang paling beruntung dan mendapat syafaatnya kelak di akhirat," katanya.
 
Peringatan maulid juga dihadiri Wakil Bupati Banjar Said Idrus Al Habsyi diawali pembacaan Maulid Habsyi oleh Grup Asy Syamail asal Pintu Air Martapura dilanjutkan pembacaan ayat suci Al Qur'an ditutup doa oleh Habib Idrus bin Abdullah Alaydrus.
 
Baca juga: Foto - Anggota DPRD Banjarbaru ikuti rapat paripurna pandangan umum fraksi
 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024