Pemerintah Daerah Kotabaru Kalimantan Selatan melaksanakan pertemuan yang diikuti 13 kabupaten kota dan sekaligus sebagai tuan rumah Bahtsul Masail (forum silaturahmi) Majelis Ulama Indonesia (MUI) se Kal-Sel bertempat di Panggung Apung Siring Laut.

"Kegiatan ini agar memiliki pemahaman yang sama dan kesepakatan bersama," kata sekretaris daerah Kotabaru, Said Akhmad di Kotabaru, Ahad.

Said Akhmad menyampaikan, bahwa Bahtsul Masail ini merupakan kegiatan yang sangat penting dan membawa dampak positif karena Bahtsul Masail  mengedepankan musyawarah dalam menyelesaikan berbagai permasalahan dan dapat menjadi referensi dalam pembuatan program kebijakan.

"Penyelenggaraan Bahtsul Masail ini perlu kiranya mengangkat kajian tentang permasalahan atau isu-isu, agar kedepannya kita bisa menemukan solusi terbaik yang hasilnya dapat menjadi referensi dalam pembuatan program kebijakan pemerintah kabupaten Kotabaru," katanya.

Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia Kalimantan Selatan KH. Nasrullah menjelaskan, fungsi Majelis Ulama Indonesia sebagai pelayan umat.

"Fungsi majelis ulama Indonesia adalah sebagai pelayan umat, pastikan seluruh pengurus Majelis Ulama Indonesia dari berbagai bidang tetap bisa melayani masyarakat sesuai bidangnya masing-masing," kata Nasrullah.

Nasrullah mengharapkan kegiatan ini bisa melahirkan ide atau pemikiran yang bisa berpengaruh pada kemajuan Kalimantan Selatan
,semoga kegiatan ini bisa melahirkan ide atau pemikiran, jangan berkutat pada hal-hal yang sudah lumrah.

"Bagaimana nanti Majelis Ulama Indonesia bisa membahas mengenai lingkungan, SDA dan SDM yang ada di Kalimantan Selatan karena ini sangat berpengaruh untuk kemajuan," harapnya.

Ketua panitia penyelenggara Murdianto mengatakan, dalam Bahtsul Masail ini membahas tentang fatwa atau himbauan yang akan menjadi itjima Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan

"Bahtsul Masail ini merupakan forum untuk menuntaskan masalah-masalah yang muncul di jaman sekarang ini, terutama akan membahas tentang fatwa atau himbauan yang akan menjadi itjima Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kalimantan Selatan," jeasnya.

Ia juga berterimakasih kepada Majelis Ulama Provinsi Kalimantan Selatan yang telah mempercayakan kepada Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Kotabaru sebagai tuan rumah pelaksanaan Bahtsul Masail 2024.

"Kami mengucapkan terimakasih kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) Provinsi Kalimantan Selatan yang telah mempercayakan kepada Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Kotabaru sebagai tuan rumah dalam pelaksanaan Bahtsul Masail 2024," pungkasnya.

Pewarta: Ahmad Nurahsin Q

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024