Uang saku atlet Kontingen Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI di Medan dan Aceh Tahun 2024 hingga hari ini (14/9/2024) belum cair.

Ketika dikonfirmasi melalui telepon seluler,.Ketua Kontingen PON XXI Kalsel Gusti Perdana Kesuma, Sabtu membenarkan hal itu,.seraya menyayangkan kejadian tersebut.

"Sungguh kasihan, sampai hari ini (14/9/2024) uang saku atlet kita dan pelatih belum cair. Padahal sudah beberapa hari mereka berada di Medan dan Aceh," ujar mantan anggota DPRD Kalsel itu.

Menurut Gt Perdana atau yang akrab dengan Dana, keterlambatan pencairan uang saku atlet, pelatih dan official  dari sebagian besar cabang olahraga (xabor) tersebut tidak perlu terjadi.

"Keterlambatan pencairan uang saku  sangat menggangu psikologis atlet. Inilah akibat yang mengurus olahraga tidak mengerti tentang olahraga. Masak pertandingan sekelas PON atlet tidak mendapat uang saku," ujar Dana.

Mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalsel itu meminta perhatian Gubernur setempat selaku pengambil kebijakan serta DPRD provinsi tersebut.

Sementara mantan Wakil Ketua DPRD Kalsel H Muhammad Syaripuddin yang terpilih kembali menjadi anggota Dewan provinsi setempat ketika dimintai komentar, menyatakan pula keterlambatan pencairan uang saku atlet PON tersebut semestinya tidak perlu terjadi.

"Kita sudah melakukan pengecekan dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalsel,.  bahwa hal itu hanya Miss komunikasi dan kurangnya perhatian Kepala Dispora sebelumnya terkait keperluan kontingen PON XXI ke Medan dan Aceh," ujarnya.

Ia mengatakan, menurut pihak Dispora Kalsel uang saku atlet Kontingen PON XXI asal provinsinya, Selasa (17/9/2924) sudah cair.

"Keterlambatan pencairan uang saku atlet salah satu faktornya terhambat karena pergantian Kepala Dispora dan harus mengubah di sistem SIPD dari Hermansyah kepada penggantinya," ujar wakil rakyat yang akrab dengan Bang Dhin tersebut.

Bang Dhin berharap tidak ada kendala lagi terhadap pencairan uang saku atlet Kontingen PON XXI Kalsel, karena kasih mereka sudah melaksanakan tugas dan di Banua orang lagi.

*Sebagai wakil rakyat, kita terus pantau atau kawal agar pencairan uang saku tersebut jangan sampai terlambat lagi," tegas Bang Dhin.

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024