Penjabat (Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Endri menerima kunjungan Deputi Perencanaan Strategis dan Pengadaan Tanah Badan Bank Tanah Perdananto Aribowo, dan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Badan Pertanahan Nasional (BPN) Provinsi Kalsel Abdul Azis guna membahas redistribusi tanah.

Pertemuan tersebut membahas rencana redistribusi lahan tanah menggunakan mekanisme hak pakai yang sebelumnya melalui hak milik.

Baca juga: Rianda dan Nasywa jawara Utuh-Aluh HSS 2024

"Kami menyambut baik kunjungan ini dan memberikan dukungan penuh terhadap upaya redistribusi tanah yang lebih inklusif dan bermanfaat bagi masyarakat," kata Endri di Kandangan, Kabupaten HSS, Selasa.

Endri menekankan penataan tanah yang adil dan merata sangat penting untuk meningkatkan kesejahteraan warga, serta mendukung pembangunan daerah yang berkelanjutan.

Endri menyatakan redistribusi tanah melalui mekanisme hak pakai diharapkan memberikan kepastian hukum, dan mendorong pemanfaatan lahan yang lebih optimal

"Pemkab HSS siap mendukung kelancaran pelaksanaan program ini," tutur Endri.

Deputi Perencanaan Strategis dan Pengadaan Tanah Badan Bank Tanah Perdananto Aribowo mengungkapkan perubahan mekanisme redistribusi lahan tanah bertujuan untuk memberikan fleksibilitas pemanfaatan lahan, terutama di wilayah yang memiliki karakteristik khusus.

Baca juga: HSS peringati peristiwa sejarah Munggu Raya

"Saya berharap dapat bekerja sama dengan Pemkab HSS untuk mensosialisasikan, serta mengimplementasikan kebijakan ini dengan baik di lapangan," ujar Perdananto.

Pada pertemuan tersebut turut hadir Kepala Divisi Pengelolaan Tanah Badan Bank Tanah Brigadir Jenderal Polisi Eko Sulistyo Basuki, Kepala Kantor Pertanahan Kabupaten HSS Isa Widyatmoko.

Kemudian, Kapolres HSS AKBP M Yakin Rusdi serta jajaran Kanwil BPN Provinsi Kalsel, Kepala Dispera KPLH HSS dan Kepala Dinas PUTR HSS.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024