Rianda Dwi Saputra dan Nasywa Salsabila menjadi pemenang pada ajang Utuh-Aluh Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) 2024, usai bersaing ketat dengan dengan 16 finalis lainnya.

Penjabat (Pj) Bupati HSS Endri menghadiri malam final Utuh-Aluh di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan.

"Kita mengapresiasi final pemilihan Utuh-Aluh HSS 2024," kata Endri di Kandangan, Senin

Endri berharap agar keikutsertaan para Utuh dan Aluh sebagai upaya melestarikan budaya daerah dan pengembangan potensi bakat, kreatifitas, serta kecerdasan generasi muda di Kabupaten HSS.

Endri juga menekankan ajang pemilihan Utuh dan Aluh dapat menghasilkan duta wisata yang mampu mempromosikan dunia wisata Kabupaten HSS dan mengajak warga untuk menjaga budaya lokal.

Baca juga: 10 sekolah Adiwiyata HSS lomba cerdas cermat

Selain itu, Endri menyatakan kegiatan ini menjadi salah satu tujuan yang dicapai untuk mengajak dan mengajarkan generasi muda lebih mengetahui dan memahami adat dan budaya, serta kearifan lokal di HSS.

Serta, menjadi wadah untuk melestarikan nilai-nilai budaya daerah, sekaligus mengembangkan dan mempromosikan potensi daerah beserta seni budaya.

"Ini adalah suatu ajang untuk putra dan putri kita terbaik di HSS, untuk dapat mengasah bakat mereka sesuai dengan kepribadian diri masing-masing," ungkapnya.

Dirinya juga menginginkan para finalis ini menjadi langkah awal ke depan, meningkatkan kreativitas, inovasi, berprestasi.

Sebelumnya, Ketua Umum Pawadahan Utuh Aluh HSS Ahmad Hujaji melaporkan seleksi pemilihan Utuh Aluh berlangsung sejak Juli-Agustus  2024 atau sekitar dua bulan.

“Alhamdulillah dapat melaksanakan Grand Final Utuh Aluh 2024 terdapat 16 finalis terdiri dari delapan orang laki-laki dan delapan orang perempuan,” tutur Ahmad.

Baca juga: Utuh Adam dan Aluh Nina HSS menangi grand final

Adapun uraian pemenang dalam grand final antara lain, untuk Utuh HSS 2024 yakni Utuh Rianda Dwi Saputra Utuh HSS 2024, Muhammad Ikhsan Fahruraji Wakil 1 Utuh HSS, Muhammad Sauqi Fadillah Wakil 2 Utuh HSS.

Muhammad Naji Mubarak Wakil 3 Utuh HSS, Rida Aditya Warman Wakil 4 Utuh HSS, Muhammad Nafarin Wakil 5 Utuh HSS, Muhammad Syahru Ramadhan Wakil 6 Utuh HSS, dan Muhammad Faza Fauzan Azima Wakil 7 Utuh HSS.

Sementara Aluh, Nasywa salsabila Aluh HSS 2024, Rizkia Nayla Ananda Wakil 1 Aluh HSS, Siti Amalia Sari Wakil 2 Aluh HSS, Zakiah Wakil 3 Aluh HSS, Nur Risti Haliza Hestanty Wakil 4 Aluh HSS.

Selanjutnya, Normaharani Wakil 5 Aluh HSS, Norlaili Rahmi Wakil 6 Aluh HSS, Agustin Istiqomah Wakil 7 Aluh HSS 2024.

Selain itu, ada Muhammad Sauqi Fadillah juga dinobatkan sebagai Utuh Berbakat HSS 2024, serta Muhammad Ikhsan Fahruraji dan Nasywa Salsabila menjadi Utuh Aluh HSS Favorit 2024.

Baca juga: Disdikbud HSS laksanakan grand final Utuh Aluh 2021

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024