Kotabaru,  (Antaranews Kalsel) - Realisasi penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2016 Kabupaten Kotabaru, Kalimantan Selatan, mencapai 84,68 naik sekitar 6,42 persen dari periode sebelumnya yakni, 2015 sebesar 78,26 persen.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kotabaru H Zainal Arifin di Kotabaru Senin, mengatakan kenaikan serapan anggaran diikuti dengan meningkatnya kinerja selama 2016 sekitar 88,97 persen, naik sekitar 4,04 persen dari 2015 sekitar 84,93 persen.

"Secara umum serapan anggaran dan kinerja selama 2016 meningkat signifikan," katanya.

Zainal Arifin berharap kepada para pimpinan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemkab Kotabaru untuk meningkatkan kinerja, agar realisasi APBD 2017 bisa lebih baik dari 2016.

Membantu mewujudkan target tersebut, dia berharap pimpinan SKPD agar segera menginventarisir semua kegiatan di masing-masing lembaganya, dan menyiapkan untuk dapat dilaksanakan di awal tahun anggaran.

Selain inventarisir kegiatan, pimpinan SKPD juga diminta segera menyerahkan kontrak politik bersama bupati terkait target kinerja hingga 90 persen.

Pakta integritas antara bupati dan pimpinan SKPD itu diharapkan dapat menjadi komitmen bersama untuk bekerja lebih baik dan profesional dalam menyelenggarakan pemerintahan.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar berharap kepada pimpinan SKPD menunjukkan kinerjanya lebih baik dari sebelumnya. demi mengejak ketertinggalan pembangunan dari daerah lain.

"Secara umum, kita tergetkan realisasi serapan anggaran dan kinerja periode 2017 bisa lebih baik dari periode 2016, minimal 90 poersen, sesuai dengan kontrak politik yang sudah ditandatangani masing-masing kepala SKPD," pinta Sayed Jafar.

Pewarta: Imam Hanafi

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2017