Kepolisian Resor (Polres) Balangan, Kalimantan Selatan menggelar simulasi Sistem Pengamanan Kota (Sispamkota) untuk memastikan keamanan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 kondusif dan lancar.

“Adegan pertama yaitu pelaksanaan kampanye dari pasangan calon, distribusi logistik Pilkada ke kecamatan hingga TPS, aksi warga yang melihat adanya money politic dan melaporkan hal tersebut ke Bawaslu,” terang Kapolres Balangan AKBP Riza Muttaqin di Balangan, Rabu.

Baca juga: Ketua DPRD Kalsel: Simulasi pengamanan tingkatkan kewaspadaan Pilkada

Riza melanjutkan adegan berikutnya yaitu penetapan dari KPU Balangan mengenai calon terpilih, berlanjut protes warga atas calon terpilih dan menimbulkan protes hingga demo yang berujung rusuh dan aksi kepolisian dalam mengamankan demo hingga menangkap sosok provokator.

Menurut Riza dari simulasi ini menandakan bahwa kesiapan personel pengamanan untuk mengamankan setiap tahapan Pilkada di Kabupaten Balangan sudah maksimal dalam hal menjaga Kambtibmas bersama stakeholder terkait.

Selain itu ujar Riza saat ini sudah dimulai pendaftaran pasangan calon ke KPU Balangan dan berlanjut pada tahapan inti lainnya meliputi penetapan pasangan calon, kampanye, distribusi logistik, pemungutan suara, penghitungan suara hingga penetapan calon terpilih.

Dalam melalui tahapan tersebut sebut Kapolres, pihaknya juga terus melakukan peningkatan pengamanan dan para personel juga terus menjaga kesehatan agar selalu siap dalam bertugas.

Kapolres Balangan pun berharap pelaksanaan pesta demokrasi di Kabupaten Balangan nantinya bisa terselenggara secara aman, terbuka jujur dan adil serta kondusif.

Sementara itu Ketua KPU Balangan Ahmad Turjani mengungkapkan melihat situasi politik di Kabupaten Balangan saat ini dia yakin Polres Balangan siap untuk melakukan pengamanan dan bisa memastikan Pilkada 2024 berjalan damai.

"Dengan kesiapan dari Polres Balangan, kami tidak meragukan untuk pengamanan di Kabupaten Balangan dan Pilkada 2024 akan berjalan damai," ungkap Turjani.

Baca juga: Sekda HSU ikuti simulasi pencoblosan

Diketahui pasukan pengamanan mulai dari Polsek, Sabhara, hingga Pasukan Anti Huru-Hara Polres Balangan dikerahkan dalam pengamanan aksi tersebut. Bahkan mobil water canon untuk pengurai massa pun diturunkan dan ada pula adegan penembakan gas air mata.

Ratusan personel kepolisian pun dibantu jajaran Kodim 1001/HSU-Balangan dan Satpol-PP Kabupaten Balangan beserta Linmas disiapkan untuk pengamanan setiap tahapan Pilkada 2024.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024