Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) menjaga tradisi Bakayuh Jukung melalui kompetisi lomba sebagai upaya melestarikan warisan budaya dan nilai-nilai kearifan lokal daerah.

“Lomba Bakayuh Jukung yang kami laksanakan tidak hanya untuk melestarikan kearifan lokal, juga untuk mengisi kemerdekaan RI dengan berbagai kegiatan positif yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Bupati HST Aulia Oktafiandi di Barabai, Hulu Sungai Tengah, Minggu.

Baca juga: Bupati HST ingatkan ASN tetap tegak lurus terhadap visi misi daerah

Dia menyebutkan upaya pelestarian budaya ini, diikuti sebanyak 64 tim dari warga desa wilayah Kecamatan Labuan Amas Utara.

Insyaallah tahun depan kita laksanakan lomba Bakayuh Jukung se-kabupaten. Mudah-mudahan lomba ini menjadi agenda tahunan,” ujarnya.

Aulia menjelaskan pelaksanaan lomba Bakayuh Jukung melibatkan Dinas Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disporapar) HST bekerja sama dengan Karang Taruna Muda Djaya Desa Samhurang. Lomba dibuka langsung oleh Bupati HST di ruas Sungai Barabai Desa Samhurang.

Sebagai upaya mengisi kemerdekaan, Bupati HST mengajak masyarakat merayakan kemerdekaan dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat, jangan sampai apa yang sudah diperjuangkan oleh para pahlawan justru disia-siakan.

“Mari kita jaga budaya kita, kita lestarikan budaya kita, alam juga harus kita wariskan ke anak cucu kita, kita harus memastikan 10-20 tahun lagi alam kita terjaga,” ucap Aulia.

Panitia Penyelenggara Lomba Bakayuh Jukung M Husni Thamrin mengatakan tahun ini, lomba Bakayuh Jukung merupakan event yang sudah dilaksanakan empat tahun berturut-turut khusus untuk merayakan HUT RI.

“Alhamdulillah dapat dukungan dari Bapak Bupati HST. Tujuan kegiatan untuk melestarikan kebiasaan nenek moyang jukung sebagai alat transportasi dan perdagangan, dimana kebiasaan tersebut sudah mulai hilang, tujuan selanjutnya adalah untuk pencarian bibit-bibit atlet dayung di Kabupaten HST agar bisa berjuang mengharumkan nama daerah hingga ke level internasional,” ujar Husni.

Baca juga: Pemkab HST canangkan konser kemerdekaan jadi agenda tahunan

Pemkab HST menginisiasi lomba Bakayuh Jukung ini dengan memperebutkan hadiah berupa trofi, piagam penghargaan, dan uang pembinaan senilai puluhan juta rupiah dari Bupati HST.

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024