Penjabat(Pj) Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) Endri menyampaikan apresiasi atas keberhasilan dari program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-121 Kodim 1003/HSS tahun 2024, di Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat, HSS.

"Saya menyampaikan apresiasinya kepada Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo dan jajaran TNI, atas keberhasilan pelaksanaan TMMD ke-121," katanya saat memberikan keterangan pers, usai penutupan TMMD ke-121 Kodim 1003/HSS, yang dilaksanakan di Lapangan Lambung Mangkurat, Kandangan, mengutip pers rilis Diskominfo HSS, Jumat.

Dijelaskan dia, manfaat dari hasil TMMD ini sangat luar biasa dan dapat dirasakan langsung oleh masyarakat, baik dari segi pembangunan fisik seperti perbaikan jalan dan jembatan, maupun penyediaan sarana air bersih yang sangat dibutuhkan.

Baca juga: Ketua DPRD HSS apresiasi Desa Gumbil jadi lokasi TMMD ke-121

Dirinya berharap agar hasil yang telah dicapai oleh Satuan Tugas (Satgas) TMMD ini dapat terus dikembangkan di masa depan, dengan tujuan untuk memakmurkan dan mensejahterakan masyarakat di Kabupaten HSS.

Sebelumnya dalam amanat penutupan TMMD, Pangdam VI/Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo mengatakan TMMD merupakan bagian dari operasi bakti TNI, bertujuan meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui program lintas sektoral yang melibatkan pemerintah daerah, polres, instansi terkait, serta masyarakat setempat.

"Tujuan utama kita dari TMMD adalah juga untuk membantu pemerintah daerah, dalam mempercepat pembangunan infrastruktur, membuka daerah terisolir, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

Baca juga: Kodim-Pemkab HSS edukasi warga di 3T terkait larangan bakar lahan

Menurut dia, program ini pun dimaksudkan mempererat hubungan antara TNI dan rakyat, serta memperkokoh kemanunggalan antara TNI dengan rakyat.

Ia menekankan bahwa semangat kebersamaan dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, merupakan inti dari perjuangan bangsa yang harus terus dibina dan dipelihara.

"Kemanunggalan ini, wujud nyata peran kita dari TNI dalam mendukung berbagai program pembangunan di daerah dan masyarakat, yang pada akhirnya akan memperkuat ketahanan nasional," ungkapnya.

Baca juga: Pemkab sambut kedatangan Ketua Tim Wasev TMMD ke-121 Kodim 1003/HSS

Adapun pelaksanaan TMMD ke-121 di Desa Gumbil, Kecamatan Telaga Langsat, resmi berakhir setelah berjalan selama satu bulan, dimulai dari tanggal 23 Juli hingga 22 Agustus 2024.

Dalam rangkaian upacara penutupan ini, dilakukan pula penandatanganan naskah hasil program TMMD ke-121 oleh Dandim 1003/HSS dan Penjabat Bupati HSS, sebagai simbol serah terima hasil kegiatan kepada pemerintah daerah.

Hadir dalam penutupan, Ketua TP-PKK HSS Mutia Anwary Endri, unsur Forkopimda HSS, Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Ari Aryanto, serta perwakilan dari Danlanal, Danlanud, dan jajaran Kodim 1003/HSS.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024