Ratusan masyarakat Kecamatan Teluk Kepayang berbondong-bondong memanfaatkan layanan program Kantor Polisi Keliling Humanis atau Kopi Manis yang digagas Kapolres Tanah Bumbu Polda Kalsel AKBP Arief Prasetya.

"Pekan ini program kopi manis kami laksanakan di lapangan Kecamatan Teluk Kepayang," kata Arief di Batulicin Rabu.

Dia mengatakan, dalam program kopi manis terdapat beberapa layanan, seperti perpanjangan SIM, pembuatan SKCK, pelayan Disdukcapil, Samsat keliling, dan layanan  kesehatan.

Pada kesempatan itu terlihat para lansia lebih banyak memanfaatkan layanan kesehatan. 

"Puluhan bahkan ratusan warga mengantri pada layanan ini, dan semua layanan yang kami berikan gratis atau tidak dipungut biaya," tegas Arief.

Sementara itu, wa alah satu pengunjung Asal Kecamatan Teluk Kepayang Masniah (61) menuturkan, dirinya datang pada pemeriksaan kesehatan gratis yang dilaksanakan oleh Polres Tanah Bumbu bukan karena sakit.

Namun, hanya untuk memeriksakan kesehatannya saja. Sebab selama ini, dia tidak pernah  datang ke puskesmas untuk melakukan pemeriksaan kesehatan.

"Jarak rumah yang saya tinggali dengan layanan kesehatan jaraknya cukup jauh, jika sakit baru datang ke sana untuk berobat," tuturnya.

Adapun pemeriksaan kesehatan yang ditawarkan mencakup pemeriksaan kesehatan dasar (pemeriksaan tekanan darah, denyut jantung, kolesterol, gula darah, dan asam urat), pemeriksaan mata dan telinga, pemeriksaan status gizi antropometri meliputi berat badan, tinggi badan, indeks massa tubuh/IMT/rad, dan lain-lain.

Camat Kepayang Joni S, mengapresiasi kegiatan tersebut yang di gagas oleh Polres Tanah Bumbu dan jajarannya.

"Kegiatan ini sangat bagus, untuk menarik animo masyarakat," tutur Joni.

Joni mengungkapkan, saat ini ada tiga desa yang jaraknya cukup jauh dari  kecamatan, seperti Desa Tamunih, Batu Bulan dan Dadap.

Sehingga kegiatan ini sangat membantu masyarakat yang tinggal jauh dari layanan kesehatan dan lainnnya melalui program kopi manis.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024