Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan menggelar Syukuran Hari Pengayoman Ke-79 di Gedung Auditorium K.H. Idham Chalid, Banjarbaru, Senin (19/8/).

Acara ini menjadi puncak peringatan Hari Pengayoman, yang merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan ke-79 di lingkungan Kemenkumham Kalsel.

Baca juga: Paman Birin pimpin upacara Hari Pengayoman ke-79 di Kalimantan Selatan

Acara dihadiri oleh para Pimpinan Tinggi, Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pemasyarakatan dan Keimigrasian, Dharma Wanita Persatuan (DWP), serta pegawai di lingkungan Kemenkumham Kalsel.

Turut hadir pula Auditor Madya Inspektorat Jenderal Kemenkumham, Erie Wijaya beserta tim yang menyaksikan jalannya acara.

Kegiatan diawali dengan pemutaran video kilas balik perjalanan peringatan Hari Pengayoman ke-79 di lingkungan Kemenkumham Kalsel, yang menampilkan berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan sebelumnya.

Selanjutnya, Kepala Divisi Administrasi, Candrafriandi Achmad, selaku ketua panitia, memberikan laporan mengenai pelaksanaan rangkaian kegiatan. 

“Seluruh kegiatan berjalan dengan baik dan lancar, rangkaian kegiatan Hari Pengayoman Ke-79 ini sebagai upaya Kemenkumham untuk lebih dekat dengan masyarakat melalui pelayanan publik yang optimal,” ujarnya.

Momen istimewa lainnya adalah pemutaran video ucapan selamat Hari Pengayoman dari jajaran Forkopimda Kalimantan Selatan, yang semakin memperkuat semangat kebersamaan dan kolaborasi di lingkungan Kemenkumham Kalsel.

Dilanjutkan dengan penghargaan diberikan kepada pegawai berprestasi, yaitu Sugiantoro dan Rodhiya Nor Fajri dari Rutan Kelas IIB Barabai, serta Nabella Ellyana dari Lembaga Pembinaan Khusus Anak Kelas I Martapura.

Mereka berhasil meraih juara kedua dalam kategori lomba Debat Hukum pada ajang Diskusi Ilmiah, Pekan Olah Raga, dan Seni Nasional Universitas Terbuka 2024 (DISPORSENI Nasional UT 2024).

Tak ketinggalan, penghargaan juga diberikan kepada pegawai teladan di lingkungan Kemenkumham Kalsel, di antaranya Rusmaida dari Subbidang Fasilitasi Pembentukan Produk Hukum Daerah, Divisi Pelayanan Hukum dan HAM; Ika Yeyen Lestari dari Subbagian Kepegawaian, TU, dan Rumah Tangga, Divisi Administrasi; Triyana dari Subbagian Program dan Pelaporan, Divisi Administrasi; Norman Fadillah dari Subbagian Pengelolaan Keuangan dan BMN, Divisi Administrasi; serta Muhammad Rasyid Rida dari Divisi Pemasyarakatan.

Acara semakin meriah dengan pengumuman pemenang lomba olahraga di lingkungan Kemenkumham Kalsel. Lapas Kelas IIA Banjarmasin berhasil meraih juara pertama dalam cabang Bola Voli dan Bulutangkis, sementara Lapas Kelas IIB Banjarbaru menjadi juara pertama dalam cabang Tenis Meja.

Selain itu, Divisi Pelayanan Hukum dan HAM meraih juara pertama dalam lomba dekorasi ruangan kerja.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel, Taufiqurrakhman, dalam sambutannya menegaskan pentingnya menjaga sinergi dan kolaborasi dengan Forkopimda, khususnya para UPT di masing-masing daerah. Ia juga mengingatkan seluruh pegawai untuk bekerja sesuai SOP dan mengikuti peraturan yang ada. 

“Ini adalah acara puncak dari rangkaian Hari Pengayoman ke-79 di lingkungan Kemenkumham Kalsel, salah satunya upacara Hari Pengayoman yang merupakan capaian luar biasa karena dipimpin langsung oleh Gubernur Provinsi Kalimantan Selatan. Bina hubungan baik dengan forkopimda terutama kepada para UPT di masing-masing daerah agar sinergi dan kolaborasi terus di jaga dan ditingkatkan. Selama kita berkerja sesuai SOP dan mengikuti peraturan yang ada, kita pasti akan selamat baik dunia dan akhirat,” ujarnya.

Baca juga: Jalan sehat dan lomba tradisional semarak Hari Pengayoman

Acara syukuran ditutup dengan pemotongan tumpeng sebagai simbol rasa syukur, yang dilakukan oleh Kepala Kantor Wilayah didampingi Pimti Pratama dan Kepala UPT, menandai berakhirnya rangkaian peringatan Hari Pengayoman ke-79 di lingkungan Kemenkumham Kalsel.
Syukuran Hari Pengayoman Ke-79 di Gedung Auditorium K.H. Idham Chalid. (ANTARA/Firman)

Pewarta: Firman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024