Sebanyak 1.440 mahasiswa baru Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban), Kalimantan Selatan mengikuti pengenalan kampus tahun 2024 di Gedung Sultan Suriansyah di Banjarmasin, Selasa.
 
Direktur Poliban Joni Riadi pada acara tersebut menyampaikan, ini merupakan kegiatan pengenalan kehidupan kampus bagi mahasiswa baru atau disingkat PKKMB yang setiap tahunya digelar.
 
"Tema tahun ini Happy and Friendly Campus, untuk menyiapkan mahasiswa yang berkarakter, berprestasi dan adaptasi di era global," ujarnya.
 
Menurut dia, Poliban yang memiliki lima jurusan dengan lebih 20 program studi untuk penerimaan mahasiswa baru tahun ini lebih banyak dari tahun lalu, bahkan harus dibatasi.
 
"Mengingat ruang perkuliahan juga terbatas, Insya Allah pada tahun akan datang kita perbanyak lagi, antusias untuk berkuliah di Poliban tinggi," tuturnya.
 
Menurut Joni Riadi, kampusnya memiliki beberapa program untuk pengembangan kreativitas dan bakat baik di bidang olahraga maupun lainnya, semua diperkenalkan ke mahasiswa baru ini.
 
Selain itu nantinya, ungkap Joni Riadi, untuk menempa mental, fisik dan disiplin serta bela negara mahasiswa baru ini bekerjasama dengan TNI.
 
"Kita bekerjasama dengan Rindam VI/Mulawarman, kita buat beberapa kelompok," ungkapnya.
 
Menurut dia, pembinaan fisik, mental, disiplin dan bela negara bagi mahasiswa ini sangat penting, agar mereka sehat dan menjadi generasi yang sukses dan mencintai negaranya.
 
"Kita berharap bagi mahasiswa baru ini, pada dua tahun ke depan untuk diploma 2 (D2), tiga tahun untuk diploma 3 (D3) atau lima tahun bagi sarjana terapan ada sesuatu yang lebih dari keterampilan mereka," ujarnya.
 
Joni Riadi menyatakan, Poliban berkomitmen menciptakan sumberdaya manusia yang berkualitas untuk mempu bersaing dalam dunia pendidikan, dunia industri dan dunia kerja lainnya.
 
"Karena alumni Poliban harus memegang sertifikat kompetensi," demikian katanya.
Politeknik Negeri Banjarmasin (Poliban) saat menggelar pengukuhan dan pengenalan kampus bagi mahasiswa baru 2024 di Gedung Sultan Suriansyah Banjarmasin, Selasa (13/8/2024). (ANTARA/Sukarli)
 
Baca link:Poliban

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024