Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) mempromosikan komoditas unggulan pada kegiatan Misi Dagang The International Trade Meeting of South Kalimantan Province 2024, di Denpasar Bali, tepatnya di The Patra Bali Hotel Resort &Villas.

Kegiatan misi dagang internasional tersebut diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Kalsel, yang bertujuan meningkatkan promosi produk atau komuditas potensial daerah atau produk ekspor.

Selain itu, untuk membantu mengenalkan produk-produk potensial yang ada di daerah Kalsel, agar dapat memasuki memasuki pasar dalam dan luar negeri.

"Kita dari Dinas Perdagangan (Disdag) HSS membawa komoditas unggulan dari Kabupaten HSS, yakni kayu manis, sirup dari kayu manis dan gula merah bubuk, serta aneka kerajinan tangan berbahan bambu," kata Kepala Disdag HSS Sudiono dalam keterangan, mengutip pers rilis Diskominfo HSS, Sabtu.

Baca juga: Gibran sambangi stand HSS di Apkasi Expo 2024

Selain itu, dirinya juga menyampaikan keunggulan komoditas unggulan dari Kabupaten HSS dalam presentasi, di hadapan para pengusaha perwakilan kedutaan besar.

Dirangkai kemudian dengan presentasi dari para pengusaha ekspor asal Bali, yang menyampaikan beberapa komoditas unggulan yang dapat memiliki potensi untuk diekspor.

Asisten Administrasi Umum Sekda Provinsi Kalsel Ahmad Bagiawan, menyampaikan bahwa Kalsel memiliki potensi keunggulan dari berbagai sektor mulai dari pertanian, perikanan, pertambangan hingga pariwisata.

"Kegiatan misi dagang ini, berbagai komoditas ditawarkan meliputi sektor perikanan, mineral, kayu olahan serta produk lainnya," terangnya.

Adapun untuk sektor perikanan Kalsel terkenal dengan kualitas hasil ikan tawar yang tinggi, sektor perkebunan unggul dengan produksi kelapa sawit, karet dan berbagai produk lainnya.

Baca juga: Produk UMKM Lokal HSS diminati pengunjung Indonesia Maju Expo 2024

Sehingga diharapkan dengan Misi Dagang Internasional ini Kalsel dapat memperkenalkan potensi unggulan tersebut kepada dunia, untuk menarik investor menanamkan modalnya di Kalsel.

"Kiranya para pedagang dan investor melihat secara langsung potensi dan keunggulan yang dimiliki oleh Kalsel dan berusaha di Kalsel, maka dapat membuka lapangan kerja baru, meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi Kalsel," ungkapnya.

Kegiatan ini dihadiri Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Kalsel Sulkan,  Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kalsel Gusti Yanuar Noor Rifai.

Sedangkan dari Kabupaten HSS, turut dihadiri Kepala Bappelitbangda HSS M. Arliyan Syahrial, dan Kepala Dinas PUTR HSS Tedy Soetedjo.
 

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024