Produk UMKM Lokal HSS diminati pengunjung Indonesia Maju Expo 2024 yang digelar di Assembly Hall Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC), mampu menarik minat ribuan masyarakat dari berbagai daerah di Indonesia dan mancanegara.

Dinas Perdagangan dan Dekranasda Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) yang ikut dalam kegiatan berskala nasional ini terbilang sukses mengikuti kegiatan yang berlangsung sejak 4-7 Juli 2024, dengan menampilkan produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan Industri Kecil Menengah (IKM) lokal yang diminati pengunjung.

"Sejak stan expo dibuka pukul 8.00 hingga pukul 20.00 Wita, antusias pengunjung terus memadati stan kami, baik untuk melihat lihat hingga membeli produk yang dipajang," kata Kepala Dinas Perdagangan HSS Sudiono saat dikonfirmasi di Kandangan, Kabupaten HSS, Senin.

Dijelaskan dia, dari kegiatan ini bisa dilihat betapa ketatnya persaingan UMKM dan IKM di seluruh Indonesia, namun untuk produk lokal dari HSS, berhasil mendapat banyak peminat.

Baca juga: HSS kenalkan produk UMKM lokal di Indonesia Maju Expo dan Forum 2024

Pihaknya termotivasi kedepannya agar semua produk UMKM dan IKM di HSS bisa lebih di tingkatkan, agar bisa lebih dikenal dan diminati hingga ke tingkat nasional dan internasional.

"Alhamdulillah, pada kegiatan ini kami dari HSS sukses menampilkan produk UMKM dan IKM, kemudian bersiap untuk mengikuti acara selanjutnya, yakni Apkasi Otonomi Expo di tempat yang sama pada 9-11 Juli 2024," terangnya.

Kepala Bidang Bina Perdagangan Disdag HSS Abdul Kodir menambahkan stan Dinas Perdagangan HSS diisi berbagai produk dan lokal UMKM dan IKM binaan Dekranasda HSS, terus mendapat minat pengunjung Indonesia Expo dan Forum 2024.

"Bahkan sejak dibuka pukul 8.00 WITA hingga pukul 20.30 WITA, jumlah pengunjung yang berkunjung ke stan kami tercatat mencapai ratusan orang," ungkapnya.

Menurut dia, besarnya minat pengunjung ke stan diharapkan bisa terus memacu semangat pelaku UMKM dan IKM daerah, terus berinovasi serta meningkatkan kualitas dan kuantitas produk mereka.

Hal ini karena terbukti produk dari HSS termasuk yang paling banyak dikunjungi, di antara ratusan stand dari berbagai provinsi di Indonesia.

Baca juga: Pasar murah Pemkab HSS tekan inflasi dan kendalikan harga bahan pokok

Sementara itu, Fasilitator Promosi Dekranasda HSS sekaligus pengelola stan Dinas Perdangangan HSS Lasidi mengatakan di antara beberapa produk yang banyak dibeli oleh pengunjung ialah Kain Sasirangan.

"Juga kerajinan anyaman Bambu, serta beberapa produk lainnya yang terlihat unik dan menarik hasil karya UMKM dan IKM kita di daerah," ujarnya.

Salah satu pengunjung dari Bandung Azzahra Humaira mengatakan mengaku senang bisa membeli produk lokal dari Kabupaten HSS.

"Produknya sangat menarik untuk dipakai, semoga suatu saat saya berkesempatan berkunjung ke Kabupaten HSS untuk melihat langsung produksi UMKM dan IKM di sana," harapnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024