Universitas Lambung Mangkurat (ULM) di Kalimantan Selatan menetapkan sebanyak 933 mahasiswa baru angkatan 2024 sebagai penerima beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tahun 2024.

"Mahasiswa penerima KIP Kuliah ini masuk ULM melalui jalur Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT)," kata Wakil Rektor ULM Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Muhamad Rusmin Nuryadin di Banjarmasin, Jumat.

Dia menjelaskan jumlah mahasiswa penerima KIP Kuliah berdasarkan kuota yang ditetapkan pemerintah.

Sedangkan jumlah pendaftar melebihi kuota yang diberikan pemerintah yakni sebanyak 1.357 orang.

Rusmin mengakui banyak mahasiswa baru yang sebenarnya layak menerima KIP Kuliah namun tidak tertampung kuota.

Di samping itu, ada pula mahasiswa yang telah mendaftar namun tidak dilolos lantaran dinilai tidak layak sebagai penerima berdasarkan hasil verifikasi tim universitas.

Bagi mahasiswa yang layak menerima KIP Kuliah namun tidak tertampung kuota, Rektor ULM Prof Ahmad Alim Bachri memberikan kebijakan khusus meringanan uang kuliah tunggal (UKT) yakni pada kategori I sebesar Rp500 ribu per semester.

Diketahui ULM sebagai PTN klaster mandiri terakreditasi A yang kini dihuni sekitar 35 ribu mahasiswa tahun ini menerima sebanyak 7.213 mahasiswa baru pada tiga jalur seleksi yakni SNBP, SNBT dan seleksi mandiri.

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024