Berdasarkan Surat Telegram Kapolri nomor ST/1554/VII/KEP/2024, nama AKBP Wahyu Ismoyo Jayawardana tercatat mendapatkan amanah jabatan sebagai Kapolres Tabalong jajaran Polda Kalimantan Selatan.

Tanggal 9 Agustus 2024 pun menjadi hari bersejarah bagi perjalanan karier pria yang akrab disapa Ismoyo ini setelah dilantik Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto sebagai Kapolres Tabalong menggantikan AKBP Anib Bastian.

Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 2006 ini terbilang bukan orang baru di Polda Kalsel.

Di tahun 2016 dia mendapatkan penempatan tugas di Satuan Brimob Polda Kalsel dengan pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Menjabat Kasi Operasi, dia pernah memimpin pasukan 100 personel Brimob Polda Kalsel BKO Polda Metro Jaya dalam mengamankan aksi demonstrasi di Jakarta pada 4 November 2016 menuntut ucapan Gubernur Basuki Tjahaya Purnama atau Ahok.

Sejumlah jabatan penting pernah diembannya selama berdinas di Polda Kalsel seperti Kanit 1 Subdit 3 Jatantas Ditreskrimum, Kabag Ops Polres Banjar, Wakapolres Tabalong hingga Wakapolres Tanah Laut.

Pada 9 Februari 2022, dia melepas jabatan Wakapolres Tanah Laut untuk mengikuti pendidikan di Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) angkatan ke-60 tahun 2022.

Tinta emas pun ditorehkan Ismoyo selaku Perwira Siswa Tamu TNI-Polri dengan menerima Bendera Prestasi dari
Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati sebagai Pasis dengan nilai akhir semester II tertinggi dari seluruh Pasis.

AKBP Wahyu Ismoyo Jayawardana dan istri mendapatkan ucapan selamat dari Kapolda Kalsel Irjen Pol Winarto. (ANTARA/FotoHumasPoldaKalsel)

Selepas menyelesaikan pendidikan di Seskoal, dia mendapatkan penempatan tugas di Polda Sumatera Utara.

Prestasinya ketika menjabat Kasubdit IV/Renakta Direktorat Reskrimum Polda Sumut mengungkap praktik perdagangan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Malaysia.

Polisi mengamankan 20 orang pekerja migran ilegal yang hendak dikirim ke Malaysia dan menangkap sejumlah agen nakal penyalurnya.

Posisi terakhirnya di Polda Sumut sebagai Kasubdit Bintibsos Ditbinmas sebelum kembali ke Polda Kalsel memegang tongkat komando di Polres Tabalong.

Kini dia tercatat sebagai Kapolres dengan angkatan Akpol termuda di Polda Kalsel yakni 2006.

Ismoyo memohon doa restu dan dukungan masyarakat Kabupaten Tabalong agar dirinya bisa diterima dan menjalin sinergi dengan seluruh elemen serta pemangku kepentingan di kabupaten berjuluk "Bumi Saraba Kawa".

Kepada anggota Polres Tabalong dia berharap agar senantiasa bergandengan tangan saling menguatkan satu sama lain dalam kinerja, sehingga pelayanan kepada masyarakat dapat lebih optimal.

AKBP Wahyu Ismoyo Jayawardana dan istri. (ANTARA/FotoHumasPoldaKalsel)

Pewarta: Firman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024