Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kabupaten Balangan, Kalimantan Selatan membangun dua outlet pangan guna membantu ketersediaan pangan serta mencegah inflasi di Kabupaten Balangan.

"Kami membangun dua outlet pangan ini pada dua lokasi yaitu di depan kantor kami dan di BPP Kecamatan Batumandi," kata Kepala Bidang Ketahanan Pangan DKP3 Balangan Neneng Jamilal di Paringin, Senin.

Baca juga: 36 outlet UMKM Food Court HSS sediakan kuliner tradisional dan kekinian

Neneng menuturkan untuk bahan-bahan yang akan disediakan di outlet tersebut di antaranya yaitu Gabah Kering Giling (GKG), produk UMKM dari masyarakat Balangan serta produk dari Perum Bulog.

Neneng menyebutkan pada outlet pangan tersebut, produk UMKM dari Balangan maupun produk olahan lainnya akan dijual disana agar dapat membantu para pelaku UMKM.

Neneng melanjutkan untuk pelaksanaan teknis outlet pangan, staf dari Bidang Ketahanan Pangan akan ditugaskan sebagai petugas jaga secara bergantian.

"Kami akan menugaskan tenaga staf kami untuk mengelola outlet pangan ini nantinya," ujar Neneng.

Menurut Neneng melalui outlet pangan ini diharapkan dapat lebih membantu masyarakat dalam mendapatkan bahan pokok khususnya bahan pangan, dengan harga yang lebih murah dibandingkan di pasaran serta menjadi wadah bagi UMKM untuk memperkenalkan produknya.

Baca juga: Jelang akhir tahun Astra Daihatsu gelar DAIFEST 2022

Sementara itu salah satu warga Balangan Albar mengungkapkan sangat mendukung apa yang dilakukan oleh DKP3 Balangan, dengan harapan outlet tersebut dapat terus berlangsung agar membantu masyarakat dalam mendapatkan bahan pangan.

“Kami sangat mendukung dan semoga outlet ini tidak hanya sebatas seremonial saja, akan tetapi memang benar-benar dirasakan masyarakat manfaatnya nanti,” ungkap Albar.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024