Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin Kalimantan Selatan mengirimkan enam mahasiswa ke Maluku untuk mengikuti program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan ke-XII periode 2024.  

"Enam delegasi ULM termasuk dalam 500 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia mengikuti KKN Kebangsaan di Universitas Pattimura sebagai tuan rumah," kata Rektor ULM Prof. Ahmad Alim Bachri di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Selasa.

Baca juga: ULM dirikan "Hukumonline Corner" pertama di Kalimantan

Adapun mahasiswa yang lolos seleksi sebagai delegasi ULM, yakni Annisa Salsabila Ahdyani (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam), Nanda Putri Arimurti (Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan), Desie Rahma Hash (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Ripky Maulana (Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan), Syamsul Khairuddin (Fakultas Pertanian) dan Raden Roro Sekar Ningrum R.P. (Fakultas Teknik).

Para mahasiswa tersebut didampingi satu dosen sebagai pembimbing, yaitu Dr. Rahma Yuliani di bawah koordinator Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) ULM.

Alim berharap mahasiswa ULM dapat menjalankan tugas dengan baik sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat setempat.

Baca juga: Dosen ULM bekali petani bentuk wisata edukasi kebun sayur di Banjarbaru

"KKN kali ini di desa-desa daerah Kepulauan di Maluku, maka mahasiswa harus jeli apa yang bisa bermanfaat dan dibutuhkan masyarakat sebagaimana peran kita sebagai akademisi," ujar Alim.

KKN Kebangsaan merupakan kegiatan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang dilaksanakan setiap tahun dengan menugaskan salah satu perguruan tinggi sebagai tuan rumah.

Kegiatan tersebut lebih mengedepankan penanaman wawasan kebangsaan dan rasa cinta tanah air kepada mahasiswa melalui pengalaman belajar di masyarakat yang menghubungkan konsep-konsep akademis dengan realitas kehidupan.

Baca juga: ULM kerahkan 225 mahasiswa Fakultas Pertanian bangun desa

Pewarta: Firman

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024