Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (Pemkab HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) berupaya meningkatkan ekonomi masyarakat lewat pengembangan perkebunan durian desa wisata di Desa Limpasu Gunung Titi.

“Kami melaksanakan penanaman perdana pohon durian di desa wisata ini. Nantinya kebun ini menjadi nilai tambah ekonomi bagi para petani setempat, destinasi wisata di sini pun akan ikut berkembang,” kata Bupati HST Aulia Oktafiandi usai penanaman pohon durian bersama para petani di Gunung Titi Desa Limpasu, Hulu Sungai Tengah, Selasa.

Baca juga: Pemkab HST bangun gudang penampungan lump untuk tingkatkan kualitas karet

Pada kesempatan itu, Bupati HST memberikan sejumlah bantuan kepada kelompok tani (poktan), yakni kepada Poktan Terapu Desa Limpasu sebanyak 400 pohon durian, Poktan Bauntung Batuah Desa Wawai Gardu sebanyak 100 pohon, dan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Limpas berupa semprotan.

“Pemerintah daerah berkomitmen melestarikan dan menghijaukan alam dengan tetap mengambil manfaat ekonomi dari lingkungan tersebut, salah satunya dengan memanfaatkan potensi wisata seperti Gunung Titi untuk pengembangan perkebunan,” ujarnya.

Aulia menyebutkan secara bertahap infrastruktur di lokasi itu diperbaiki, seperti pembangunan jalan paving blok dari Pihandam melewati Gunung Titi hingga sampai ke Nateh.

Selain memiliki potensi wisata dan pemasukan ekonomi bagi warga, kata dia, wilayah ini merupakan akses antar daerah, sehingga dengan diperbaikinya jalan tentu akan menunjang kelancaran aktivitas masyarakat.

Baca juga: Bupati HST salurkan bantuan pengembangan cabai rawit bagi 330 petani

Oleh karena itu, Aulia meminta masyarakat, Pokdarwis, dan gabungan kelompok tani di desa ini, agar dapat bekerja sama dalam mengelola potensi wisata yang ada dengan baik, serta diharapkan penanaman pohon durian ini bisa bermanfaat jangka panjang untuk kawasan Gunung Titi dan sekitarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian HST Budi Satrya Tanjung mengatakan pengembangan perkebunan ini akan meningkatkan ekonomi berbagai potensi daerah yang ada secara berkelanjutan.

“Dinas Pertanian HST mendukung pengembangan durian pada lahan seluas lima hektare dengan memberikan bantuan bibit durian sebanyak 500 bibit pohon durian dan 200 sak pupuk kandang,” ucap Budi.

Baca juga: Pemkab HST latih petani memproduksi poligon padi

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024