Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan (Dispar Kalsel) menyatakan Banua Triathlon berupa pertandingan paduan tiga cabang olahraga masuk kalender sebagai kompetisi resmi organisasi Triathlon Indonesia.

“Selain untuk kesehatan, kompetisi ini untuk mengenalkan kepada para peserta terkait potensi pariwisata daerah yang ada di Kalsel,” kata Kepala Dispar Kalsel M Syarifuddin saat pelaksanaan Banua Triathlon di Banjarbaru, Sabtu.

Baca juga: Tour de Loksado ke-9 umumkan pemenang 6 kategori lomba sepeda se-Indonesia

Dia menyebutkan tiga paduan cabang olahraga itu, yakni balap sepeda, lari, berenang, dan tahun ini dilaksanakan di Kebun Raya Banua, Banjarbaru.

“Pelaksanaan tahun ini diikuti sebanyak 151 peserta dari 12 provinsi se-Indonesia, jumlah ini meningkat dibanding tahun lalu yang berada di bawah 150 peserta,” ujarnya.

Gelaran triathlon tersebut, Syarifuddin menjelaskan selalu diikuti peserta dari mancanegara, dan rencananya tahun ini akan diikuti peserta dari Rusia, Inggris, dan Irlandia. Namun, peserta mancanegara itu batal mengikuti kegiatan karena terkendala dokumen.

Pelaksanaan tahun ini, kata dia, mempertandingkan empat nomor, yakni olympic triathlon, sprint triathlon, mixed tim relay, dan aquathlon eksibisi, yang memperebutkan hadiah total ratusan juta rupiah.

Baca juga: Pemprov Kalsel kumpulkan dispar kota/kabupaten promosikan objek wisata

Syarifuddin memastikan pemerintah daerah berkomitmen untuk melaksanakan kegiatan ini setiap tahun serta melakukan evaluasi agar terus mengalami peningkatan, terlebih kegiatan ini telah tercatat pada kalender triathlon Indonesia.

Ia berharap kunjungan wisatawan nasional dan mancanegara di Kalimantan Selatan mengalami peningkatan seiring dengan banyak pelaksanaan kompetisi bertaraf internasional, seperti kegiatan triahtlon tersebut.

“Gelaran triathlon juga kita manfaatkan untuk memberdayakan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Beberapa stan UMKM kami tampilkan di lokasi kegiatan guna mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat lokal,” ujar Syarifuddin.

Baca juga: Ratusan pesepeda bakal ramaikan Tour de Loksado 2024

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Taufik Ridwan


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024