Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Selatan (HSS) Kalimantan Selatan (Kalsel) ambil bagian sebagai peserta Indonesia Maju Expo dan Forum 2024, dengan tujuan mengenalkan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal.

Indonesia Indonesia Maju Expo dan Forum 2024 yang digelar Direktorat Jenderal (Ditjen) Politik dan Pemerintahan Umum (Polpum) Kemendagri ,untuk mendukung produk lokal serta (UMKM), berlangsung empat hari dari tanggal 4 hingga 7 Juli 2024, di Assembly Hall Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC).

"Dengan keikutsertaan kita ini diharapkan bisa lebih memperkenalkan produk produk lokal daerah ke tingkat nasional," kata Kepala Dinas Perdagangan HSS Sudiono yang hadir dalam pembukaan expo bersama Kepala Kesbangpol HSS Eko Harjidi Putra bersama Kepala Disnakerkop UKMP HSS Siti Erma, mengutip pers release Diskominfo HSS, Jumat.

Baca juga: Rusnawati Hermansyah buka sunatan massal Baznas HSS

Dijelaskan dia, semua produk yang ditampilkan baik hasil binaan Dinas Perdagangan dan Dekranasda HSS tentu tidak kalah bersaing dengan produk lain, dari luar Provinsi Kalsel.

Dan ini menjadi sebuah momentum untuk bisa berkiprah di tingkat nasional, dan menampilkan hasil karya daerah di HSS sehingga bisa dikenal lebih luas.

Diantara produk yang ditampilkan di stand Dinas Perdagangan HSS di expo kali ini, yakni kain Sasirangan, kerajinan tangan berupa miniatur bangunan, aneka kuliner, sirup kayu manis dan beberapa produk lokal lainnya.

Adapun untuk Indonesia Maju Expo 2024,dari Kalsel yang mengikuti kegiatan ini dari Kota Banjarmasin, Kabupaten Tanah Laut dan Kabupaten HSS.

Baca juga: Pemkab HSS upayakan penjualan produk UMKM melalui "e-Commerce"

Sebelumnya, Pelaksana Harian (Plh) Direktur Jenderal (Dirjen) Polpum Kemendagri Togap Simangunsong, mengatakan expo Forum 2024 digelar mendukung secara strategis pemulihan ekonomi, dan mendorong iklim perekonomian ekspor.

Selain itu, expo juga untuk membuka akses informasi serta sarana promosi potensi ekonomi, sosial, dan budaya yang dimiliki Indonesia.

“Jadi ini adalah salah satu bagian daripada ketahanan ekonomi, sosial, dan budaya kita, Ekososbud,” kata Togap dalam laporannya kegiatan.

Togap mengungkapkan, kurang lebih ada 100 peserta expo yang berasal dari berbagai sektor, seperti dari kementerian, lembaga pemerintah.

Baca juga: Pasar murah Pemkab HSS tekan inflasi dan kendalikan harga bahan pokok

Kemudian dari pemerintah daerah, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), Badan Usaha Milik Negara (BUMN), swasta, lembaga non-pemerintahan, asosiasi, serta pelaku UMKM.

Adapun rangkaian kegiatan expo juga beraneka ragam, di antaranya Procurement Network Forum, seminar bisnis online dari Omsang, Digital Marketing Class, Talkshow terkait ekspor dan penyakit jantung, Lomba Tari Daerah.

Dirangkai penampilan Fashion Culture,Festival Sambal Nusantara, Atraksi K9 Badan Narkotika Nasional (BNN), juga ceramah Ustadz Hanan Attaki bertajuk “Cinta, Etika, dan Ekonomi Halal Menginspirasi Bisnis yang Berkah
Untuk Indonesia Maju Expo 2024

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Hasan Zainuddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2024